Desa Masawah Ikuti Lomba ‘Lembur Tohaga Lodaya 2022’ sebagai Perwakilan Kabupaten Pangandaran

Pangandaran, Kabariku Desa Masawah Kecamatan Cimerak yang berlokasi di Kabupaten Pangandaran memiliki potensi besar untuk lebih dikembangkan, sehingga akan mampu mensejahterakan masyarakat kedepannya.

Polres Pangandaran mendorongnya sekaligus menjadikan perwakilan dari Kabupaten Pangandaran, mengikuti Lomba Lembur Tohaga Lodaya 2022 yang diadakan oleh Polda Jabar.

Hal itu diungkapkan Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat, S.H, S.I.K melalui Kasat Binmas AKP. Didi Sutardi, pada Jum’at (3/9/2022).

“Desa Masawah Kecamatan Cimerak memiliki potensi cukup besar, selain memiliki potensi Kepariwisataan juga sektor Pertanian, Seperti Adanya Kelompok Tani Garam yang hasil produksinya berkwalitas ditempat lain tidak dimilikinya,” ungkapnya.

Sedangkan kalau dilihat dari sisi Kepariwisataan, kata AKBP Didi, sangat baik yang memiliki pemandangan bagus.

“Makanya perlu dorongan dan dukungan dari semua komponen, baik dari masyarakat maupun dari berbagai pihak termasuk pemerintahan,” ujarnya.

Untuk itu Polres Pangandaran menunjuk sebagai perwakilan Desa Masawah mengikuti Lomba Lembur Tohaga Lodaya, agar kedepannya akan lebih berkembang lagi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

“Dengan diikut sertakannya sehingga dapat menjadi percontohan Desa lainnya, menjadikan Desa mandiri diberbagai sektor, bisa mensejahterakan masyarakat dengan kata lain tangguh dalam segala bidang,” tambah AKP. Didi Sutardi.

Saat penilaian pada Kamis, 1 September 2022, di Desa Masawah yang dihadiri Ketua Team Penilai Polda Jabar AKBP. Sunarya S.Pd., MM; Wakil Ketua Penilai AKBP. Lilies Mulyani, SH; Kasubdit Binpolmas Polda Jabar.

Selain itu turut hadir, Waka Polres Pangandaran, Camat Cimerak dan Jajaran, Kapolsek Cimerak dan Jajaran, Danramil Cimerak yang diwakili Babinsa Masawah, BPBD Pangandaran, Kepala Desa Cimerak beserta Perangkat dan semua lapisan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Ketua Team Penilai Kabagbin Ops Polda Jabar AKBP. Sunarya S.Pd., MM., menuturkan, Polda Jabar menggalakan Lembur Tohaga Lodaya atau Kampung Tangguh Nusantara, mengharapkan agar masyarakat yang ada diperkampungan pedesaan Tangguh.

“Dalam arti kata mampu tangguh bidang keamanan, tangguh bidang kesehatan, tangguh bidang informasi, dan tangguh bidang pendidikan, serta tangguh bidang sosial ekonomi termasuk tangguh bidang ketahanan pangan, sehingga dengan ketangguhan tersebut mampu menciptakan masyarakat sejahtera dengan kemandirian,” Tutur AKBP Sunarya Spd. MM.

Selain itu, dijelaskannya, untuk menunjang menjadi Lembur Tohaga Lodaya harus didukung kriteria berbagai sektor dan berbagai komponen.

“Desa Masawah sudah memiliki sektor kepariwisataan dan ketahanan pangan produk garam berkwalitas yang tidak dimiliki Desa lain, sehingga bisa melakukan pemberdayaan masyarakat sehingga mampu Mensejahterakan masyarakat lingkungan,” tutupnya.***

Red/K.101

BACA juga berita menarik lainnya KLIK disini

Leave a Reply