Berita  

Bintek Peningkatan Kemampuan Satuan Pengamanan di Wilayah Hukum Polres Pangandaran

PANGANDARAN, Kabariku- Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat S.H., S.I.K. yang diwakili oleh Waka Polres Kompol Arisbaya, S.H., membuka pelaksanaan kegiatan Pembinaan Teknis (Bimtek) dalam rangka Peningkatan Kemampuan Satuan Pengamanan (SATPAM) se-Kabupaten Pangandaran yang bertempat di Aula Polres Pangandaran, pada hari Kamis (11/8/2022).

Dalam kesempatan tersebut Wakapolres Pangandaran Kompol Arisbaya, S.H., membacakan sambutan Kapolres Pangandaran menyampaikan, Satuan Pengamanan (Satpam) dituntut bekerja secara profesional dalam membantu pelaksanaan tugas Kepolisian.

“Bahwa Satuan Pengamanan khususnya yang bertugas di wilayah hukum Polres Pangandaran dituntut bekerja secara profesional dalam membantu pelaksanaan tugas kepolisian secara terbatas sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku saat ini,” kata Kompol Arisbaya.

Wakapolres Arisbaya, juga menyampaikan bahwa dengan jenjang pendidikan yang telah ditempuh oleh rekan-rekan Satpam akan meningkatkan mutu/kualitas dalam tugasnya sebagai pengemban Harkamtibmas dilingkungan kerjanya.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan Pembinaan Teknis ini bertujuan merefresh wawasan dan pengetahuan Satpam dalam menghadapi segala bentuk permasalahan dalam tugasnya dilapangan,” lanjutnya.

Kasat Binmas Polres Pangandaran AKP Didi Sutardi, Kasat Reskrim Polres Pangandaran AKP  Luhut Sitorus, S.H., M.H., dan jajaran Sat Binmas Polres Pangandaran bertindak sebagai instruktur atau pemateri dalam kegiatan dimaksud.

Adapun materi yang disampaikan dalam Bimtek tersebut, diantaranya adalah:

– Refresh tentang Perpol 4 tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

– Refresh tentang PP. No. 43 tahun 2012 tentang tata cara pelaksanaan Koordinasi, Pengawasan dan Pembinaan Teknis Pengamanan Swakarsa.

– Materi TPTKP tindak kejahatan.

– Kewajiban Satpam apabila mendapati suatu pelanggaran hukum ditempat kerjanya.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Owner Perusahaan Jasa Pengamanan, Pengguna Jasa Pengamanan dan anggota Satpam yang bertugas diwilayah hukum Polres Pangandaran sebanyak 60 Personil.

Mereka dengan antusias mengikuti kegiatan Pembinaan Teknis ini sampai dengan selesai.

Acara dilanjutkan dengan pembentukan Badan Koordinasi (BAKOR) Satpam Polres Pangandaran sebagai Wadah dalam pemecahan permasalahan dan ruang diskusi dalam ruang lingkup pelaksanaan tugas Satpam diwilayah Kabupaten Pangandaran.

Melalui Wakapolres, Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat, S.H., S.I.K., berharapan seluruh peserta Bintek dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan serius guna menunjang pelaksanaan tugas ditempat kerjanya masing-masing.

“Selain itu, dapat menjadi suri tauladan bagi lingkungan masyarakat dalam ketaatan terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” Wakapolres menutup sambutannya.***

Red/K.101

Leave a Reply