Aktif Memberi Kabar

Pendiri Forkot Iwan Sumule Jadi Ketua Majelis ProDEM

0 474

KABARIKU – Ir. Iwan Sumule terpilih sebagai Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) dalam Kongres VII ProDEM yang digelar di Gedung Joeang 45, Menteng, Jakarta, Minggu (15/3/2020).

Usai terpilih, Iwan Sumule menegaskan, ProDEM harus menjadi inspirasi perjuangan untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat, dengan didasari prinsip-prinsip demokrasi yang substansial.

“Ini merupakan cita-cita ProDEM, terus berpihak pada keadilan, lawan kezaliman,” ujar aktivis nasional yang juga politisi Gerindra itu kepada Kabariku.

Menurut Iwan, tantangan terberat aktivis ProDEM adalah pada konsistensi.

“Konsistensi dalam keberpihakan, konsistensi dalam memperjuangan keadilan, dan konsistensi berjuang untuk mewujudkan demokratisasi yang subtansial. Konsistensi seperti ini tidak bersifat prosedural dan bukan merupakan kegiatan rutinitas lima tahunan,” jelasnya.

Ir. Iwan Sumule terpilih menjadi Ketua Majleis ProDEM dalam Kongres ProDEM VII di Jakarta, Minggu (15/3/2020).*

Hadir dalam Munas VII ProDEM sejumlah tokoh nasional, di antaranya DR. Rizal Ramli dan Hariman Siregar.

Iwan juga mengungkapkan, ProDEM akan mempersiapkan sejumlah senator ProDEM yang memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk merebut kepemimpinan nasional.

“ProDEM memiliki senator-senator mumpuni, di antaranya Ferry Juliantono, Jumhur Hidayat, dan juga Bob Randilawe,” ungkapnya.

Sementara itu, tentang terpilihnya Iwan Sumule dan pelaksanaan Kongres VII ProDEM, Senator ProDEM Agustiana mengucapkan selamat.

“Kongres ProDEM yang paling berhasil dala mewujudkan contoh berdemokrasi politik di negeri ini,” kata Agustiana usai Iwan Sumule terpilih.

Agustiana pun menyampaikan penghargan yang setinggi-tingginya kepada semua yang terlibat dalam pelaksanaan kongres.

“Karena atas dedikasi, semangat kesukarelawanannya, keteguhan atas sikap objektivitasnya serta karena kecerdasan sikap berdemokrasinya, sehingga mampu mewujudkan sebuah kongres aktivis yang paling demokratis dalam peradaban demokrasi di negeri ini,” sebutnya.

Menurutnya, Kongres ProDEM VII secara kwalitatif dan substantif sangat jauh di atas capaian keberhasilan kongres politik, baik baik yang telah telah dilakukan oleh pemerintah, parpol maupun ormas yang berorientasi gerakan.

Bahkan, lanjutnya, sepanjang catatan pemahamannya, capaian keberhasilan kongres dari awal hingga akhir, bisa disejajarkan dengan proses berdemokrasi kaum muda bangsa yang berhasil menghasilkan Sumpah Pemuda dan kongres kecil para pejuang pemuda di Rengas Dengklok yang melahirkan kesepakatan memproklamirkan Kemerdekaan RI dengan menentukan Sukatno-Hata sebagai pemegang mandatnya.

Biodata Iwan Sumule

Nama: Ir. Iwan Sumule
Anak: Dua orang

Pendidikan :
A. FAKULTAS TEKNIK SIPIL, UKI, JAKARTA, 1991-1997
B. SMAN 1 SORONG, PAPUA BARAT, 1987-1990
C. SMPN 1 SORONG, PAPUA BARAT, 1984-1987

Prestasi :
A. PELAJAR PALING TELADAN SEKABUPATEN SORONG
B. AHLI MADYA PELAKSANA JALAN

Riwayat Organisasi :
A. WAKETUM KOMITE PUSAT SEGARA
B. PENGGAGAS DAN PENDIRI FORKOT (FORUM KOTA). (Ref)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.