Keturunan Sunan Gunung Jati, Jenderal TNI Dudung Abdurahman Dilantik Presiden RI Sebagai KASAD

  • Bagikan

JAKARTA, Kabariku- Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Dudung Abdurachman Dilantik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Pelantikan Letjen TNI Dudung Abdurachman sebagai KASAD dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 107/TNI/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf TNI Angkatan Darat, yang ditetapkan di Jakarta tanggal 17 November 2021.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan.

Jenderal Dudung menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang sebelumnya telah dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi Panglima TNI.

Hadir sebagai saksi dalam acara pelantikan; yaitu Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Selain itu, turut hadir antara lain Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Seskab Pramono Anung, dan Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar.

Jenderal Dudung kelahiran 16 November 1965, Bandung, Jawa Barat.

Dilansir dari situs Wikipedia, Jenderal Dudung memiliki darah Cirebon keturunan Sunan Gunung Jati dari P. Sumbu Mangkurat Sari/Pangeran Trusmi (Syarif Wilayatullah) dari jalur putra “Pangeran Syeikh Pasiraga” Depok, Cirebon dari jalur cicitnya yang bernama Kuwu Muharom Wira Subrata Kepuh.

Tahun 1988, lulus Akademi Militer (Akmil) dari kecabangan Infanteri.
2015 hingga 2016, menjabat Wakil Gubernur Akmil
Kemudian menjadi Staf Khusus KASAD selama setahun,
Wakil Asisten Teritorial (Waaster) KASAD,
2018, Dudung langsung diangkat menjadi Gubernur Akmil. Posisi ini ia jabat selama dua tahun. Hingga pada Agustus 2020 lalu.
Dudung dilantik menjadi Pangdam Jaya oleh KASAD Jenderal Andika Perkasa.
Juni 2021, Dudung diangkat menjadi Pangkostrad.

Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M. 17 November 2021 resmi menjadi KASAD menggantikan Andika.***

Red/K.000
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *