Covid-19 Infeksi 59 Calon Kepala Daerah, Berikut Daftarnya

  • Bagikan

KABARIKU – Menurut data terbaru dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebanyak 59 kepala daerah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Ini data sementara yang diterima Menkopolhukam Mahfud Md hingga Rabu (9/9/2020). Dikhawatirkan data terus bertambah mengingat calon kepala daerah hingga batas akhir pendaftaran di KPU Minggu (6/9/2020), jumlahnya mencapai 687 pasangan, atau 1.374 orang.

Kepala daerah yang terinfeksi tersebut di antaranya Bupati Rokan Hilir, Provinsi Riau, Suyatno. Petahana ini terpaksa melakukan pendaftaran dengan cara video call dari tempat ia diisolasi.

Kemudian, bakal calon Wakil Bupati Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Antoni Imam. Diberitakan, sepekan terakhir Antoni melakukan perjalanan Lampung-Jakarta beberapa kali untuk mengurus syarat mengajukan calon wakil bupati di Pilkada Lampung Selatan.

Balon lainnya adalah bakal calon Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat, Khairunas. Karena positif Covid-19, pendaftaran Khariunas di KPU diwakili oleh partai pengusung.

Kemudian bakal calon Wakil Bupati Klaten, Jawa Tengah, Muhammad Fajri. Dan, bakal calon petahana Bupati Kutai Timur, Kalimantan Timur, Kasmidi Bulang.

Meskipun terinfeksi Covid-19, mereka umumnya merasa dalam kondisi sehat dan bugar.

Di luar itu, sebanyak enam bakal calon kepala daerah di Papua pun dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Komisioner KPU Papua, Melkianus Kambu mengatakan, keenam balon kepala daerah tersebut di antaranya empat bakal calon bupati dan dua bakal calon wakil bupati.

Menkopolhukam Mahfud Md mengingatkan seluruh masyarakat agar jangan main-main dengan Covid-19.

“Kepada masyarakat yang mau berpartisipasi di dalam Pilkada ini, apa pun bentuknya, apa sebagai kontestan, timses, supaya memperhatikan ini, agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain,” tegasnya. (Ref)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *