Ketua MA Lantik Lima Anggota BPK, Satunya Aktivis Pius Lustrilanang

0 214

KABARIKU – Ketua Mahkamah Agung ( MA) M. Hatta Ali melantik lima orang Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2019-2024, Kamis (17/10/2019). Kelima orang itu adalah Achsanul Qosasi, Daniel Lumban Tobing, Harry Azhar Azis, Hendra Susanto, dan Pius Lustrilanang, aktivis korban penculikan dulu.

Pelantikan berlangsung di Gedung Mahkamah Agung, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2019).

Kelimanya dilantik didasarkan atas Keputusan Presiden Nomor 101/P Tahun 2019. Dalam Kepres itu juga disebutkan pemberhentian dengan hormat atas anggota BPK sebelumnya yang telah habis masa jabatannya. Kelimanya adalah Moermahadi Soerja Djanegara sebagai ketua dan anggota, Harry Azhar Aziz sebagai anggota, Rizal Djalil sebagai anggota dan Ahsan Qodasi sebagai anggota.

Kelima anggota BPK yang dilantik tersebut hasil pemilihan DPR RI tanggal 26 September 2019 lalu. Dalam pemilihan, kelimanya meraih suara terbanyak dari calon lainnya. Pius Lustrilanang unggul dengan 43 suara, Hendra Susanto 41 suara, Daniel Lumban Tobing 41 suara. Lalu, peserta inkumben Achsanul Qosasi dan Harry Azhar masing-masing memperoleh 31 dan 29 suara.

Pelantikan dihadiri Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan beberapa pejabat lainnya. Antara lain, Pimpinan MPR Ahmad Muzani, Zulkifli Hasan dan Fadel Muhammad. Sejumlah menteri turut hadir, antara lain Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Ref)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.