Unggul di Survei PSI, Masyarakat Masih Inginkan Helldy Agustian Pimpin Cilegon

Jakarta, Kabariku- Panel Survei Indonesia (PSI) kembali melakukan survei terkait pemilihan Walikota Kota Cilegon, Banten. Penilaian masyarakat Kota Cilegon dari hasil survei terhadap kinerja Walikota Cilegon menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemkot Cilegon.

Dibawah kepemimpinan Wali Kota Helldy Agustian dalam survei tersebut menembus 89,7 persen terhadap kinerja pelayanan publik dan 10 program prioritas Pemkot Cilegon, waktu survey dilakukan pada tanggal 20-29 Jᴜni 2024.

Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Panel Survei Indonesia, Mahendra Zaini, secara umum, warga Cilegon menilai kepemimpinan Walikota Cilegon Helldy Agustian saat ini lebih baik bila dibandingkan kepemimpinan pemerintahan periode-periode yang lalu

“Hasil survei penilaian masyarakat Kota Cilegon terhadap kinerja walikota Cilegon, hasil survei menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemkot Cilegon dibawah kepemimpinan Wali Kota Helldy Agustian menembus 89,7 persen terhadap kinerja pelayanan publik dan 10 program prioritas Pemkot Cilegon,” jelas Mahendra menyampaikan hasil surveinya, dikutip Jum’at (05/07/2024).

Menurut Mahendra Zaini Secara umum, warga Cilegon menilai kepemimpinan Walikota Cilegon Helldy Agustian saat ini lebih baik bila dibandingkan kepemimpinan pemerintahan periode-periode yang lalu

Mahendra menjelaskan bahwa hasil temuan survei juga menunjukan, jika hari ini dilakukan pemilihan Walikota Cilegon dengan pada pertanyaan terbuka, maka secara Top of Mind, pilihan dari 1250 Responden mayoritas memilih Helldy Agustian sebanyak 39,8 persen, menyusul diurutan kedua Isro Mi’raj sebanyak 17,1 persen,

Selanjutnya, Ratu Ati Marliati 8,8 persen, Sanuji Pentamarta 7,2 persen, Alawi Mahmud 5,2 persen. Kenudian, Dede Rohana Putra 3,1 persen, Robinsar 2,2 persen dan tidak memilih 16,6 persen.

Tingkat Keterpilihan calon Walikota Cilegon yang menjadi pilihan responden lebih lanjut dengan pertanyaan tertutup, dengan menyajikan sejumlah nama. Pada simulasi tiga nama dengan menyandingkan Helldy Agustian, Isro Mi’raj dan Sanuji Pentamarta maka nama walikota Cilegon Helldy Agustian masih mendapat tingkat elektabilitas tertinggi.

“Yakni Helldy Agustian sebesar 53,7 persen, Isro Mi’raj dengan elektabilitas 15,7 persen dan Sanuji Pentamarta hanya di angka 8,9 persèn dan tidak memilih sebanyak 21,7 persen,” jelasnya.

Sedangkan simulasi dengan menyajikan empat nama tokoh bakal calon Walikota Cilegon yang tertera dalam kertas kuisioner maka hasilnya Helldy Agustian tetap menjadi mayoritas pilihan masyarakat Kota Cilegon dengan tingkat keterpilihan 56,8 persen.

Diurutan Kedua Isro Mi’raj 20.2 persen, Sanuji Pentamarta 10,2 persen dan Dede Rohana Putra 2,7 persen dan tidak memilih sebanyak 10,1 persen.

Smentara itu, Pengamat politik Citra Institute, Yusak Farchan menilai bahwa unggulnya Walikota Cilegon, Helldy Agustian di survei Panel Survei Indonesia (PSI) karena sosoknya yang lebih dikenal masyarakat Cilegon.

“Unggulnya Walikota Cilegon, Helldy Agustian di survei Panel Survei Indonesia (PSI) karena sosoknya yang lebih dikenal masyarakat Cilegon. Sehingga elektabilitas tinggi di Pemilihan Walikota (Pilwakot) Cilegon 2024,” kata Yusak.

Yusak mengaku bahwa Helldy Agustian lebih sering bertemu dengan masyarakat Cilegon, sehingga modal untuk memimpin Walikota Cilegon kembali di Pilkada 2024.

“Beliau (Helldy Agustian) lebih sering bertemu masyarakat, tentunya itu menjadi modal untuk kembali terpilih menjadi Walikota Cilegon di Pilkada 2024,” ungkapnya.

Disebutkan, Helldy juga didukung oleh partai pemenang Pemilu 2024, maka ini menjadi peluang menang di Pilwakot Cilegon.

“Didukung oleh partai pemenang Pemilu 2024, maka ini menjadi peluang menang di Pilwakot Cilegon 2024,” sebutnya.

Bahkan, kata dia, dari Survei PSI juga memperlihatkan bahwa masyarakat ingin Helldy memimpin kembali Kota Cilegon, Banten kedepannya.

“Survei PSI juga memperlihatkan bahwa masyarakat ingin Helldy memimpin kembali Kota Cilegon, Banten kedepannya,” tutup dia.***

Red/K.103

Tinggalkan Balasan