KPK Yakin Pendaftaran Diminati: Calon Pimpinan dan Calon Dewas Berintegritas Sedang Bersiap Diri

Jakarta, Kabariku- Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Masa Jabatan Tahun 2024-2029 mengumumkan 318 orang telah register akun pendaftaran.

Diketahui, pendaftaran Capim KPK dibuka sejak 26 Juni lalu. Per 1 Juli pukul 10.00 WIB, tercatat 318 orang registrasi akun pendaftaran Capim-calon Dewas KPK.

Sebanyak 26 orang diantaranya dinyatakan sudah mendaftar. Dari 26 orang itu, sebanyak 10 diantaranya pendaftar Capim KPK dan 16 pendaftar calon Dewas KPK.

Pendaftaran Capim dan Dewas KPK tinggal menyisakan waktu hingga dua pekan kedepan. KPK yakin akan banyak orang yang mendaftar Capim sebelum pendaftaran berakhir 15 Juli mendatang.

“Batas penerimaan dokumen kan masih sampai dengan tanggal 15 Juli. Jadi saya pikir masih banyak waktu,” kata juru bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (02/07/2024).

Tessa meyakini calon-calon yang memiliki komitmen dalam pemberantasan korupsi sedang menyiapkan diri untuk mendaftar sebagai capim KPK. Pihaknya optimis disisa masa pendaftaran akan berbondong-bondong yang mendaftar Capim KPK.

“Saya memiliki keyakinan para calon-calon yang memiliki integritas dan mau mendaftar ini sedang menyiapkan semua hal untuk mereka bisa mendaftar sebelum tenggat waktu tersebut berakhir. Jadi kita sama-sama tunggu saja,” katanya.

Terkait insan KPK atau dari struktural KPK yang ikut mendaftarkan diri, Tessa mengatakan belum mendengar adanya pendaftaran dari internal baik untuk Capim maupun Dewas KPK.

“Belum ada informasi sejauh ini,” ujar Tessa.

Sebelumnya, Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Muhammad Yusuf Ateh menepis kabar pendaftaran Capim dan calon Dewas KPK sepi peminat.

“Kan baru mulai, udah banyak yang buat akun, kok,” kata Yusuf kepada awak media di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (01/07/2024).

Yusuf menilai, mengunggah dokumen dalam persyaratan memerlukan waktu. Menurutnya, para pendaftar akan banyak yang mengunggah dokumen di akhir waktu.

“Kan dokumen. Nanti (mendaftar melampirkan) dokumen. Kan perlu waktu itu. Biasalah, kau kalau daftar-daftar kapan? Biasa awal-awal atau akhir kau?” ucapnya.

Yusuf lantas menepis anggapan bahwa pendaftaran capim dan Dewas KPK sepi peminat. Ia meminta publik menunggu lebih dulu.

“Pokoknya tunggu aja, tunggu aja. Percayalah,” ucapnya.

Sebagai informasi, pendaftaran capim dan calon Dewas KPK sudah dibuka sejak 26 Juni dan berakhir pada 15 Juli 2024. Untuk mendaftar sebagai Capim dan calon Dewas KPK, pendaftar terlebih dulu harus membuat akun di laman https://apel.setneg.go.id/.

Nantinya, jika individu sudah mendaftar dan melampirkan sejumlah berkas, selanjutnya Pansel akan memeriksa lebih lanjut.***

Red/K.000

Berita Terkait :

Tinggalkan Balasan