Pj. Bupati Hadiri Expose Panpel PORKAB Garut 2024: Matangkan Persiapan Segera Sosialisasikan

Garut, Kabariku- Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, menghadiri acara Expose Panitia Penyelenggara Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Garut Tahun 2024 di Rumah Makan Pujasega, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Selasa (18/06/2024).

Dalam sambutannya, Pj Bupati Garut menekankan pentingnya persiapan matang agar PORKAB 2024 dapat berjalan lancar dan aman. Barnas juga mengingatkan perlunya pengecekan ulang terkait berbagai aspek persiapan, mulai dari peserta, kepanitiaan, hingga wasit.

“Khusus untuk pertandingan-pertandingan, saya minta fair play. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus kita waspadai, misalnya perwasitan,” ujarnya.

Barnas juga menggarisbawahi pentingnya kesiapan venue yang akan digunakan, termasuk ketersediaan penerangan yang memadai jika pertandingan berlangsung malam hari.

“Oleh karena itu, perlu dilakukan uji coba oleh masing-masing cabang olahraga untuk memastikan tidak ada kendala, karena kita harus memberikan layanan terbaik untuk peserta,” lanjutnya.

Pj Bupati Garut berharap semua pihak dapat bekerja sama dalam mempersiapkan pelaksanaan PORKAB 2024. Ia juga mengimbau agar pelaksanaan PORKAB segera disosialisasikan kepada masyarakat agar mereka dapat turut memeriahkan acara tersebut.

“Ini belum terlihat di jalan tentang pelaksanaan (PORKAB), jadi urang mau pesta ieu, naon ieu teh mana umbul-umbulna (mana umbul-umbulnya), jadi tolong untuk sosialisasinya mulai di gencarkan,” ucapnya.

Sementara Ketua KONI Kabupaten Garut, Abdusy Syakur Amin memaparkan, terkait teknis biaya PORKAB yang nanti akan sampaikan karena belum diskusikan, secara detailnya akan disampaikan oleh ketua Panpel, secepatnya.

“Cuman untuk KONI ini masih nunggu, kita sudah eksekusi beberapa cabor sebagian terutama cabor diselenggarakan bulan Juni ini, jadi istilahnya ini dibayarkan sebagian nanti sisanya itu, nanti pada sudah mendekati saja,” kata Abdusy Syakur.

Kaitan dengan kekurangan anggaran untuk PORKAB, Syakur mengatakan, kekurangan anggaran itu di semuanya, di KOK juga saya yakin kekurangan sebagai administrasi satu kecamatan kemarin 345 orang, dan cuma 175.000.

“Saya yakin kurang yah, cuman bagaimana mereka menyelesaikannya. Saya kurang tahu persis,” ujarnya.

Pihaknya mengakui, KONI juga punya masalah, namun tetap berharap pada waktu kurang lebih sebulan ini akan melakukan efisiensi lagi.

“Padahal kemarin juga sudah efisiensi lagi dan efisiensi lagi nah itu juga mendapatkan tambahan dana, nah tadi ada ide fundraising tapi belum, tidak jauh secara khusus oleh bapak Bupati tapi akan dicarikan beberapa alternatif,” urainya.

Secara keseluruhan persiapan, kata Syakur, tidak terganggu dan masih berusaha untuk pelaksanaan sesuai dengan jadwal. Kecuali jika nanti 2 minggu belum ada tambahan lagi sangat memungkinkan mulai melakukan tindakan-tindakan khusus.

“Mengenai persiapan teknis, menurut Syakur sudah ada 95%, semua sudah siap termasuk venue-venue juga, pokoknya hampir 95% itu sudah siap,” pungkasnya.

PORKAB Garut 2024 akan mempertandingkan 26 cabang olahraga dengan 245 nomor pertandingan. Kontingen dari 42 kecamatan di Kabupaten Garut akan bersaing memperebutkan 245 medali emas, 245 medali perak, dan 301 medali perunggu.

PORKAB 2024 akan diikuti oleh 3.603 peserta putra, 1.872 peserta putri, 1.920 pelatih dan ofisial, serta 191 kontingen kecamatan, sehingga total peserta mencapai 7.492 orang. Selain itu, panitia pelaksana (Panpel) cabang olahraga berjumlah 606 orang, serta wasit dan juri berjumlah 456 orang, sehingga total partisipasi mencapai 8.648 orang.

Venue PORKAB Garut 2024 tersebar di tujuh kecamatan, yaitu : Kecamatan Garut Kota, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Kadungora, Cibiuk, Cibatu, dan Kecamatan Cisurupan.

Cabang olahraga dengan partisipasi terbanyak adalah bola voli dengan 42 kontingen. Kecamatan dengan kontingen terbanyak adalah Kecamatan Bayongbong yang mengikutsertakan 345 kontingen. Sedangkan kecamatan dengan keikutsertaan cabang olahraga terbanyak adalah Kecamatan Tarogong Kidul dengan 25 cabang dan 219 nomor pertandingan.***

Red/K.101

Tinggalkan Balasan