Koramil 1305-11/Galang Kodim 1305/Buol Tolitoli Bersama Masyarakat Bajugan Atasi Pengairan Sawah di Dusun Ogomainit

Tolitoli, Kabariku- Dalam rangka mewujudkan Program Unggulan Pimpinan TNI AD Kepala Staf Angkatan Darat melalui kegiatan Manunggal Air Swadaya dalam upaya menangani kesulitan pengairan yang telah lama menjadi keluhan masyarakat Dusun Ogomainit, Desa Bajugan Tolitoli, Panasakan, Kecamatan Baolan, Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah.

Prajurit dari Koramil 1305-11/Galang Kodim 1305/Buol Tolitoli, turut serta dalam Karya Bakti Manunggal Air Swadaya yang menghasilkan solusi konkret.

Masalah tersebut telah berlangsung bertahun-tahun, menghambat produktivitas pertanian masyarakat setempat.

Kunjungan anjangsana pada tanggal 26 April 2024 oleh Serma Haruna bersama rekan-rekannya, memunculkan pemahaman mendalam akan kesulitan yang dihadapi. Koordinasi pada tanggal 30 April 2024 antara PJS Danramil dan masyarakat menghasilkan persetujuan untuk melibatkan seluruh komponen dalam Karya Bakti.

Pada tanggal 1 Mei 2024, Anggota Koramil 1305-11/Galang Kodim 1305/Buol Tolitoli, bersama Danramil 1305-11/Galang dan PPL Desa Bajugan, Yusuf menghimbau masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembuatan tanggul dan saluran irigasi darurat untuk penampungan air guna pengairan persawahan.

Kegiatan dimulai pada tanggal 2 Mei 2024, dengan pemasangan patok dan bendung menggunakan bahan sederhana seperti bambu, kayu, dan pasir.

Dilanjutkan pada tanggal 4 Mei 2024 dengan mengisi dan memasang karung pasir serta memasang pipa saluran pintu air (intake) untuk melancarkan operasi saluran irigasi.

Prajurit Kodim 1305/Buol Tolitoli menunjukkan keprihatinan yang mendalam terhadap kelangsungan hidup dan kesejahteraan warga masyarakat binaan di Desa Bajugan.

Tindakan kemanusiaan ini merupakan cerminan dari kepedulian tulus mereka, yang sejalan dengan atensi pimpinan TNI AD Kepala Staf Angkatan Darat membantu kesulitan masyarakat dalam pengairan lahan pertanian guna percepatan program ketahanan pangan nasional serta bersatu dengan alam untuk NKRI.

Dengan penyelesaian masalah tersebut, Prajurit Koramil 1305-11/Galang Kodim 1305/Buol Tolitoli berupaya dengan optimal menindaklanjuti langkah upaya percepatan perluasan area tanam (PAT) pertanian guna keberhasilan pada program pengairan sektor pertanian.

Tidak hanya membantu meningkatkan produktivitas pertanian, tetapi juga berkontribusi dalam penyelarasan dengan alam, sejalan dengan upaya percepatan program ketahanan pangan nasional. Ini memperkuat hubungan yang harmonis antara TNI AD dan masyarakat serta lingkungan sekitarnya.

Meskipun menghadapi tantangan pegunungan dan jalan yang jauh, kerja sama antara Anggota Koramil 1305-11/Galang, PJS Danramil, PPL Desa Bajugan, dan masyarakat Dusun Ogomainit berhasil membangun saluran irigasi darurat sepanjang kurang lebih 500 meter.

Upaya ini sangat diapresiasi oleh masyarakat, karena memberikan solusi atas masalah pengairan persawahan yang selama ini menghambat produktivitas pertanian mereka.

Melalui upaya kegiatan Manunggal Air, Kolaborasi aktif Kodim 1305/Buol Tolitoli bersama Dinas dan Stakekholder terkait dalam upaya percepatan program perluasan area tanam (PAT) Pertanian terus diupayakan secara berkelanjutan degan memperhatikan kondisi, kendala serta tantangan yang ada di lapangan. Sebagai salah satu contoh kegiatan yang telah dilakukan oleh Koramil 1305-11/Galang Kodim 1305/Buol Tolitoli.

Tentunya keberhasilan semua aspek tersebut membutuhkan perhatian serta kepedulian ekstra dari semua unsur yang terkait. Implementasi kegiatan Karya Bakti Manunggal Air Swadaya yang merupakan salah satu Program Unggulan Bapak KASAD sejalan dengan target Bapak Menteri Pertanian dalam Upaya percepatan Perluasan Area Tanam (PAT) Pungkas Dandim 1305/Buol Tolitoli.***

Red/K.103

Tinggalkan Balasan