One Way Pertama Musim Mudik 2024 di KM 72 Cipali – 414 Kalikangkung Resmi Diberlakukan

Jakarta, Kabariku- Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi memberlakukan skema One Way di Tol Trans Jawa pada Jumat (5/4/2024) malam. One Way dibuka mulai dari KM 72 Tol Cipali hingga KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung.

Menurut pantauan, pembukaan One Way ditandai dengan seremoni flag off yang dipimpin oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan sekitar pukul 21.45 WIB.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, One Way pertama pada musim mudik tahun 2024 ini dari KM 72 sampai KM 414 Kalikangkung resmi saya lepas,” kata Aan.

Sebelum one way diberlakukan Polisi telah melakukan pembersihan lajur dan rest area. Kendaraan tidak diperbolehkan lagi melintas ke arah Jakarta.

“Pukul 19.30 sampai dengan Pukul 21.30 selama 2 jam, kita akan melaksanakan clearance, kegiatan pembersihan jalur yang akan dilaksanakan untuk one way,” kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi di Command Center KM 29 Tol Japek.

One way, kata Eddy, dilakukan atas terjadinya peningkatan volume kendaraan berdasarkan pemantauan di beberapa lokasi.

“Di KM 48 dari Rorotan dan KM 61 di Japek, itu memang sudah betul-betul masuk melebihi dari batas parameter yang sudah ada,” jelas dia.

Sebelumnya, pelaksanaan rekayasa lalu lintas satu arah (One Way) yang direncanakan akan diterapkan dari Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 72 hingga Tol Kalikangkung KM 414 yang seharusnya dimulai pada Jumat (5/4/2024) siang ini resmi ditunda.

“Implementasi satu arah ditunda, dari Tol Japek KM 72 hingga Tol Kalikangkung KM 414,” ujar Korlantas Polri.

Korlantas menjelaskan bahwa saat ini arus lalu lintas belum membutuhkan rekayasa lalu lintas satu arah.

“Kendaraan dari Rorotan, Jatiasih, dan arah Cawang masih berada di bawah parameter pemberlakuan rekayasa lalu lintas,” jelas Korlantas.

Penundaan penerapan satu arah ini bersifat situasional, dimana Kepolisian memiliki kewenangan untuk memberlakukan diskresi bila diperlukan.***

*Div Humas Polri

Red/K.101

Tinggalkan Balasan