Menhan Prabowo Temui Menhan Malaysia, Bahas Pengukuhan Kestabilan Kawasan

Kuala Lumpur, Kabariku- Usai pertemuan dengan PM Malaysia Anwar Ibrahim, Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Menhan Malaysia YM Dato’ Seri Mohamed Khaled bin Nordin, di Kementerian Pertahanan, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (4/4/2024).

Dalam pertemuan kedua Menteri tersebut, Menhan Prabowo menyampaikan bahwa Kemhan RI berkomitmen untuk bersama-sama menciptakan hubungan bilateral pertahanan yang harmonis dan saling menguntungkan dengan Kementerian Pertahanan Malaysia.

Sementara itu, Menhan Khaled menyampaikan apresiasinya atas kedatangan Menhan Prabowo ke Kementerian Pertahanan Malaysia.

“Suatu penghormatan hari ini menerima kunjungan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto, di Kementerian Pertahanan Malaysia. Lawatan ini adalah pertemuan pertama saya dengan Pak Prabowo sejak mengambil alih jawatan Menteri Pertahanan,” ungkap Menhan Khaled dalam keterangan tertulisnya melalui Instagram pribadi @khalednordin.

Menhan Khaled menyatakan selama pertemuan tersebut, dibahas berbagai masalah. Namun yang paling utama adalah kedua menteri sepakat bahwa Malaysia dan Indonesia berkomitmen memperkukuh stabilitas kawasan.

Mohamed Khaled juga menaruh harapan besar kepada Menhan Prabowo dapat membawa hubungan antar dua negara ke tahap yang lebih tinggi.

“Semoga hubungan antara Malaysia dan Indonesia dapat terus diperkukuh, dan rantau ini kekal aman, stabil, dan makmur,” kata Khaled.

Khaled juga mengucapkan selamat secara langsung kepada Prabowo atas kemenangannya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dia menyebut banyak warga Malaysia juga mengikuti tahapan dan hasil pilpres di Indonesia.

Terkait itu, dia meyakini kepemimpinan Prabowo kelak dapat mengokohkan kerja sama Indonesia dan Malaysia yang telah lama terjalin.

“Saya menaruh harapan pada kepresidenan beliau (Prabowo-red), dan saya yakin bahwa sosok hebat ini mampu membawa hubungan antara dua negara ke tahap yang lebih tinggi. Lebih-lebih lagi, Malaysia tidak asing buat Pak Prabowo yang pernah bersekolah di sini,” kata Khaled.

Dia pun mengungkap harapannya semoga hubungan Indonesia dan Malaysia terus kuat, begitu juga dengan kawasan yaitu Asia Tenggara, yang semakin makmur, stabil, dan aman.

Kunjungan Prabowo di Kantor Kementerian Pertahanan Malaysia ini merupakan agenda terakhir lawatan Prabowo di Malaysia.

Dalam pertemuan itu, Prabowo didampingi oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI Sugiono, Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI Mayjen TNI Yudi Abrimantyo, dan Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Kementerian Pertahanan RI Marsekal Muda TNI Yusuf Jauhari.

Dalam pertemuan itu, saat Prabowo mengisi buku tamu, dia sempat berkelakar.

“8 selalu menjadi angka keberuntungan saya. Ini 4+4 sama dengan 8, dan 2+2+4 juga 8, double eight, ini hari baik,” kata Prabowo menghitung jumlah tanggal hari ini.

Selepas itu, keduanya lanjut bertukar cenderamata, yaitu plakat dengan logo kementerian pertahanan masing-masing negara.

Usai pertemuan dengan Menhan Malaysia, Prabowo dijadwalkan kembali ke Jakarta, Kamis, dan langsung memimpin beberapa rapat di Kantor Kementerian Pertahanan RI.***

*Biro Humas Setjen Kemhan

Red/K.101

Tinggalkan Balasan