Rektor Unhan RI Serahkan Bantuan Rumah Apung dan Rumah Panggung Kepada Warga Pluit Jakarta Utara

Jakarta, Kabariku- Rektor Unhan RI Letnan Jenderal TNI Jonni Mahroza mewakili Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyerahkan bantuan berupa pilot projects rumah apung dan rumah panggung, serta fasilitas umum kepada Warga RT. 006/007 RW 022 Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (19/3).

Pada kesempatan ini, Rektor Unhan didampingi Direktur Utama PT PAL Indonesia, Dr. Kaharuddin Djenod, M.Eng., dalam hal ini yang diwakili oleh Sekretaris Perusahan Edi Rianto.

Program ini adalah tindak lanjut atas perintah Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, kepada Unhan RI untuk membangun pilot project membangun bantuan rumah murah dalam bentuk rumah apung dan rumah panggung bagi warga pesisir pantai yang terdampak banjir rob.

Selain itu, program ini juga bagian dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi Unhan RI dalam bentuk bakti sosial yang bekerja sama dengan Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT PAL.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unhan RI menyampaikan perasaan bangga, syukur, dan komitmen yang mendalam terhadap penyerahan program pilot project rumah apung dan rumah panggung kepada masyarakat pesisir, yang terdampak banjir rob.

“Bantuan tersebut dalam mendukung kesejahteraan dan keamanan masyarakat, terutama dalam menghadapi risiko bencana. Penghargaan dan ucapan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang mendukung program ini,” ucap Rektor Unhan RI.

Sebagai informasi, Pilot Project Unhan RI bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat pesisir dan agar terhindar dari banjir. Sebanyak 16 unit rumah apung dan 12 unit rumah panggung telah dibangun dengan  dilengkapi solar pannel dan bio septik, serta perlengkapan rumah tangga lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan air, dibangun instalasi air bersih, air minum dan instalasi pengolahan air limbah. Fasilitas umum yang berupa ruang pertemuan warga dan ruang terbuka hijau, siring beton kolam dan fasilitas umum lainnya.

Selanjutnya untuk pengolahan limbah cangkang kerang dibangun fasilitas pengelolaan cangkang kerang yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan warga misalnya untuk pembuatan paving block dan sebagainya.

Seluruh rangkaian kegiatan ini di akhiri dengan penyerahan kunci dan sertifikat oleh Rektor Unhan RI kepada warga penerima bantuan RT. 006/007 RW 022 Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, yang mendapat program bantuan rumah murah.

Kegiatan penyerahan ini turut dihadiri oleh pejabat Eselon I dan II Unhan RI, pejabat Militer dan Sipil di lingkungan Kota Jakarta Utara, BPBD DKI Jakarta, Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Administrasi Jakarta Utara, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara, serta Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Utara.***

*Biro Humas Setjen Kemhan

Red/K.101

Tinggalkan Balasan