Foto Bupati di Galeri Alun-Alun Garut, Nurdin Yana: Edukasi Publik, Tak Ada Niat Kucilkan Bupati Terdahulu

Garut, Kabariku- Foto-foto Bupati Garut sejak pertama hingga yang terakhir Rudy Gunawan, terpasang di bawah tribun Alun-Alun Garut sempat menjadi perhatian bahkan sebagian kalangan menyayangkan foto-foto mantan Bupati itu malah dipajang di tempat tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, menjelaskan bahwa pemasangan foto Bupati Garut terdahulu di Galeri Alun-Alun Garut bukanlah untuk mengucilkan, namun untuk memperkenalkan kepada masyarakat. Nurdin menegaskan bahwa keputusan tersebut diambil sebelum Penjabat Bupati Garut, Barnas Adjidin, memimpin.

Hal itu disampaikannya menanggapi pemberitaan di media berkaitan dengan pemasangan foto Bupati Garut terdahulu di Galeri Alun-Alun Garut yang berada tepat di bawah tribun.

“Itu semata-mata adalah karena mempertimbangkan di situ kan (sering terjadi) kumpulan orang, sehingga banyak orang bisa melihat di situ, dan itu pun perlakuannya kan kita siapkan juga dalam bentuk dibingkai sedemikian rupa, sehingga Insyaa Allah tidak akan mudah terjamah,” ujar Sekda Nurdin, dalam keterangan resminya di Kantor  Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (26/3/2024).

Berdasarkan informasi dari Bagian Umum Setda Kabupaten Garut, pemasangan foto tersebut sudah dilakukan sejak pertengahan tahun 2023 lalu.

Nurdin Yana menambahkan bahwa penempatan tersebut dipertimbangkan dengan baik, meski demikian, pihaknya juga menerima masukkan dari masyarakat terkait pemasangan foto Bupati Garut terdahulu yang dianggap mengecilkan pemimpin Garut terdahulu.

Pihaknya akan berkonsultasi dengan Penjabat Bupati untuk memastikan penempatan foto tersebut sesuai dengan representasi yang diinginkan.

Nurdin menegaskan bahwa tujuan utama dari pemasangan foto tersebut adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang para pemimpin sebelumnya.

“Tidak ada niat sedikitpun untuk merendahkan atau mengucilkan tokoh tersebut. Penempatan foto tersebut dipertimbangkan dengan memperhatikan berbagai aspek, termasuk keinginan untuk menyampaikan informasi yang jelas kepada masyarakat,” tutup Nurdin Yana.***

Red/K.101

Tinggalkan Balasan