Presiden Jokowi Lantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI

Jakarta, Kabariku- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 22 November 2023.

Hadir dalam pelantikan di antaranya Panglima TNI yang pensiun Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala BIN Budi Gunawan, Jaksa Agung ST. Burhanuddin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kemudian Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto, Ketua DPR RI Puan Maharani, serta tiga Kepala Staf Angkatan TNI.

Jenderal Agus Subiyanto pun mengucapkan sumpah jabatannya dengan dipandu Presiden.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata Agus.

Pelantikan tersebut dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 102/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan pemberhentian dan pengangkatan Dewan Pertimbangan dan Dewan Pimpinan Pusat Legiun RI oleh Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Rapat Paripurna ke-9 DPR RI Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024 di Jakarta, Selasa (21/11), menyetujui Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI.

Jenderal Agus Subiyanto adalah calon tunggal Panglima TNI yang diajukan Presiden Jokowi.***

Red/K-102

Tinggalkan Balasan