Pelantikan Abdusy Syakur Amin sebagai Rektor UNIGA Masa Jabatan 2023-2028, Bupati Garut: Fokus Tingkatkan Daya Saing Kabupaten

Garut, Kabariku- Bupati Garut, Rudy Gunawan, menghadiri acara Pelantikan Rektor Universitas Garut (UNIGA) Masa Jabatan 2023-2028 di Aula Gedung B UNIGA.

Dr. Ir. Abdusy Syakur Amin, M. Eng, yang terpilih kembali sebagai Rektor UNIGA menyambut masa depan yang cerah untuk perguruan tinggi tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Rudy menyampaikan selamat kepada Dr. Abdusy Syakur Amin dan menggarisbawahi pentingnya UNIGA dalam meningkatkan daya saing Kabupaten Garut.

Ia menyoroti perlunya kerjasama semua pihak untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Garut, terutama bagi lulusan SLTA, dengan harapan dapat mengurangi angka pengangguran.

“Tentu ini penting bagi Pemerintah Kabupaten Garut, karena Kabupaten Garut mempunyai satu universitas yang dikelola secara profesional oleh satu yayasan dan tentu telah melahirkan juga beberapa menteri dari alumni Universitas Garut,” ucap Bupati Garut.

Rudy mengajak kepada seluruh pihak, untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Garut, dimana saat ini terdapat hampir 40 ribu orang lulusan SLTA di Kabupaten Garut setiap tahunnya.

Namun, lanjut Rudy, dari 40 ribu orang lulusan tersebut hanya 10 ribu orang yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

“Kalau kita hitung 10 ribu, kemana yang 30 ribu orang lagi. Dan itu menjadi bagian dari pengangguran terbuka yang dicatat oleh BPS (Badan Pusat Statistik), dan tentu ini menjadi perhatian kita kedepan,” lanjutnya.

Sementara itu, Dr. Abdusy Syakur Amin berterima kasih kepada Yayasan Universitas Garut atas kepercayaan untuk menjabat sebagai Rektor UNIGA selama lima tahun ke depan.

Ia bangga dengan capaian universitas yang telah memiliki 29 program studi, 8 fakultas, dan 1 program pasca sarjana.

Dr. Abdusy juga berharap untuk membuka program studi doktor ilmu administrasi sebagai langkah progresif menuju keberhasilan yang lebih besar.

lebih jauh Dr. Abdusy Syakur menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Yayasan Universitas Garut yang telah mempercayai dirinya sebagai rektor UNIGA selama 5 tahun kedepan.

Ia memaparkan, bahwa hal ini merupakan satu loncatan yang sangat signifikan mengingat membuka program studi merupakan suatu hal yang harus sangat dipersiapkan mulai dari tenaga dosen sampai ruangan dan fasilitas yang akan digunakan.

“Tapi bagaimana juga kita berpikir bahwa ini tidak bisa ditunda-tunda, apalagi seperti yang disampaikan Pak Bupati, bahwa Garut membutuhkan lebih banyak lagi perguruan tinggi paling tidak program studi-program studi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tutup Dr Abdusy Syakur.***

Red/K.101

Tinggalkan Balasan