Cabor Renang dan Tenis Meja Garut Sumbang Medali di Ajang Multi Event POPDA Jabar 2023

Bandung, Kabariku- Mengawali keikutsertaan Kontingan Garut dalam pesta olahraga multi event POPDA (Pekan Olahraga Pelajar Daerah) Jawa Barat 2023, di Cabor renang hari ke-2 memperoleh 5 medali.

Perolehan 1 Medali Perak atas nama Alfira Anandika, dan 4 Perunggu atas nama Alfira, Jibril serta Estapet 400 putri atas nama Meyla, Alfira, Tazkia, Edgina.

Sedangkan dari Tenis Meja mampu menyumbang Medali Perunggu di kelas Beregu Putra. Total mendali untuk kontingen Garut: 1 Perak dan 5 Perunggu.

Dari liputan Cabor Renang yang digelar di kolam reangan Padjajaran Bandung ini atlet Kota Bandung dan Depok mendominasi perolehan medali.

Menurut Sekretaris PRSI Jawa Barat Vera Ariesa, SE., Popda ini menggambarkan komposisi atlet relatif asli daerah Kab/Kota masing-masing, karena yang menjadi dasar registrasi adalah Asal Sekolah bukan domisili, jadi sangat jarang terjadi Mutasi atlet seperti yang terjadi di Porprov atau PON.

“Memang kalau ingin melihat Potensi Asli Atlet binaan masing-masing daerah ya di Popda ini, terutama Atlet muda yang biasanya mereka juga langganan medali di Porprov atau bahkan PON,” ungkap Vera. Minggu (2/7/2023).

Senada dengan Sekretaris PRSI Jabar, Dr. Agus Ismail, ST., MT., Ketua PRSI Garut, Pembinaan Atlet amatir mulai serius dilakukan seharusnya di tingkat pelajar ini.

“POPDA ini tidak boleh dianggap sebelah mata, meskipun gengsinya kalah dengan PORPROV justru di Popda ini daerah-daerah harus mulai fukos dan serius dalam pembinaan Atlet berprestasi,” ucapnya.

POPDA, menurutnya, bukan sekedar menggugurkan Kewajiban hanya ikut serta saja tapi merupakan awal atau dasar Pembinaan Atlet diuji melalui POPDA.

“Jika POPDA ga serius ya bagaimana Porprov mau berprestasi,”ujar Agus Ismail.

Terpisah, Pelatih Renang Kabupaten Garut, Uceng Jaelani, M.Pd., mengungkapkan POPDA ini merupakan pemetaan atlet yang akan diturunkan di Porprov Jabar 2023.

Harapannya, semoga terus bisa fokus dan serius karena pembinaan atlet bukan sekedar tanggung jawab Cabor dan pelatih tapi bahu membahu antara Cabor, KONI dan tentunya dukungan Pemkab.

“Semoga terus bisa fokus dan serius memberikan dukungan baik mental maupun materil. Kami merasa yakin tahun 2026 Garut mampu berbicara lebih banyak, sepanjang program yang dicanangkan Pemkab terus berlanjut, karena melahirkan prestasi olahraga tidak bisa dilakukan dalam kurun waktu sebentar, perlu kontinuitas dan konsisten,” tandas Uceng.

Sebagai informasi, sebanyak 3.805 atlet pelajar yang berasal dari 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat terdaftar mengikuti pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XIII Jabar. Pelaksanaan Popda XIII Jabar dimulai 1 Juli hingga 10 Juli 2023.***

Red/K.101

Tinggalkan Balasan