Jelang KLB PSSI 2023, MSBI Dorong Sepak Bola Kembali Ketangan Rakyat

Jakarta, Kabariku- Ketua Umum Masyarakat Sepak Bola Indonesia (MSBI) Sarman El Hakim mengatakan, Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang akan digelar pada 16 Februari 2023 mendatang diharapkan mampu mengembangkan sepak bola ketangan rakyat.

“KLB jangan hanya hanya menjadi seremonial saja, hanya mengganti pemain ditubuh PSSI, namun harus mampu mengembalikan sepak bola ketangan rakyat,” ungkap Sarman dalam acara “Insight Bersama MSBI” di kantor MSBI, Depok, Jawa Barat, Rabu (18/1/2023).

Sebenarnya, Sarman menjelaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan Inpres 3/2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional, namun, kebijakan tersebut tidak pernah dijalankan.

“Inpres sudah jelas Presiden menginstruksikan 18 pihak, yakni 11 menteri, 2 pimpinan lembaga, dan 2 pihak yakni Gubernur dan Bupati/Walikota untuk melakukan peningkatan prestasi sepak bola nasional dan internasional,” paparnya.

Dalam hal pemilihan ketua, kata Sarman, seharusnya dilakukan secara demokratis, hal tersebut pernah dilakukan pada zaman Presiden Megawati Soekarnoputri ditahun 2003, dimana pemilih kurang lebih terdiri dari 700 pemilih, dari perwakilan PSSI di 540 Kabupaten/Kota dan asosiasi lainnya.

“Jadi sangat demokratis, Presiden Megawati tidak ikut campur dalam pemilihan ketua umum PSSI,” tambahnya.

Menurutnya, saat ini momentum kebangkitan sepak bola nasional menurun, dimana hanya terdapat 87 pemilih, dan yang masih bertahan hanya 34 perwakilan provinsi, 18 liga satu dan asosiasi lainnya.

“Jadi jelas, jantung sepak bola harus dikembalikan ke tangan rakyat, pemilih bukan hanya di 34 provinsi, jadi seharusnya melibatkan Kabupaten/Kota, itulah sesungguhnya jantung sepak bola yang sesungguhnya,” tegas Sarman.

Maka, tambah Sarman, kebangkitan persepakbolaan Indonesia harus dikembalikan ketangan rakyat, jangan sampai momentum KLB hanya untuk kepentingan semata.

“Momentum KLB harus mempunyai visi yang jelas untuk memajukan persepakbolaan Indonesia,” tutup Sarman.

Untuk diketahui, acara tersebut dihadiri oleh Ketua Umum MSBI Sarman El Hakim, Sekjen MSBI CH Ambong, dan jajaran pengurus MSBI seluruh Indonesia beserta awak media.***

Red/K.101

Berita Terkait :

https://www.kabariku.com/tak-kembalikan-formulir-caketum-pssi-ketum-msbi-siapkan-federasi-baru/

Tinggalkan Balasan