Viral, Video Dinosaurus Turun dari Truk di Mojosemi Magetan

Petugas Mojosemi Forest Park menarik dinosaurus yang baru turun dari truk. (*)

KABARIKU – Hewan purba dinosaurus kini menghuni kawasan wisata Mojosemi Forest Park di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Hewan tersebut diturunkan dari truk pada Senin (14/12/2020).

Begitu turun dari truk, hewan super besar itu langsung masuk kawasan Mojosemi Dinosaurus Park dengan mendapat pengawalan sejumlah petugas. Dua orang petugas di antaranya menuntunnya dengan menggunakan tambang cukup besar, sebagian lagi mendorongnya dari belakang.

Mojosemi Forest Park merupakan taman petualangan luar ruangan. Kawasan wisata ini disediakan untuk warga yang menyukai wisata alam terbuka berhawa sejuk dan suasana hutan. Di sini tersedia kawasan perkemahan, kawasan memanah, kawasan untuk kegiatan tali tinggi, perkemahan, zona ATV, dan paintball.

Nah sejak 2019 lalu, pihak pengelola melengkapinya dengan mendirikan Mojosemi Dinosaurus Park. Sesuai namanya, kawasan ini didirikan untuk menampung hewan dinosaurus dari berbagai jenis.

Dinosurus yang Senin kemarin diturunkan dari truk merupakan dinosaurus koleksi Mojosemi terbaru. Dinosaurus ini tampak sedikit galak. Di sisi lain, video ini pun langsung viral. Bahkan ada yang mengira dinosaurus di video merupakan dinosurus betulan. Kulit, bentuk kepala dan badan dinosaurus itu memang mirip dinosaurus asli yang sering terlihat dalam tayangan film Jurrasic Park. dinosaurus itu tampak bisa melangkah, menggerakan kepala, dan bahkan mengeluarkan suara dinosaurus asli.

Pengelola Mojosemi Forest Park, Magetan, Nanang Sedayu menjelaskan, video dinosurus turun dari truk merupakan bagian dari strategi promosi pihaknya untuk menarik pengunjung.

“Itu sebagai bagian promo kami. Di dalam (Mojosemi Forest Park) itu ada wahana baru, Dinosaurus Park, yang ada beberapa macam dinosaurus di dalamnya, termasuk yang kemarin kami turunkan,” kata Sedayu kepada Kompas.com, Selasa (15/12/2020).

Nanang menambahkan, dinosaurus yang ada dalam video itu merupakan robot. Nanang menyebutnya sebagai animatronik. Artinya, robot hewan yang gerak, suara dan bentuk hewannya dibuat semirip aslinya.

Menurutnya, dinosaurus dalam video merupakan karya asli SDM-SDM lokal Magetan, bukan impor. Dibuatnya pun di bengkel yang ada di Magetan

“Dulu kami memang pernah impor untuk bahan-bahannya, kami pelajari. Begitu sudah ketemu, kami produksi sendiri,” kata Sedayu.

Nanang berharap, keberadaan dinosaurus akan menjadikan Mojosemi kembali bangkit sebagai objek wisata kreatif dan mendidik. (Has)

Tinggalkan Balasan