Fadly Zon dan Sandiaga Uno akan Gantikan Edhy Prabowo, Ini Kata KSP

Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (*)

KABARIKU – Presiden Joko Widodo akan segera mengisi kursi Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) pengganti Edhy Prabowo yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi.

Kedeputian Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian mengatakan Presiden akan memutuskan segera pengganti Edhy tersebut.

“Saya kira pasti akan segera diputuskan siapa penggantinya,” kata Donny, Minggu, (29/11/2020).

Menurut Donny, sekarang ini Presiden sedang menimbang-nimbang siapa sosok yang tepat mengisi kursi Menteri KP tersebut.

Menurut Donny, tentang latar belakang sosok pengganti Edhy, bisa dari kalangan profesional bisa juga berlatar belakang partai politik. Namun Presiden tentu akan mementingkan kompetensi untuk mengisi kursi Menteri KP.

“Tentu saja kompetensi. Kemudian integritas, kemudian rekam jejak di sektor kelautan,” katanya.

Seperti diketahui, dua nama kini santer disebut-sebut sebagai sosok yang akan menggantikan Edhy Prabowo di KKP, yaitu Fadli Zon dan Sandiaga Uno. Seperti diketahui, keduanya merupakan politisi Gerindra.

Pengamat politik dari Indo Barometer, M Qodari, menyebut, Fadly Zon bisa menjadi calon kuat pengganti Edhy Prabowo karena memiliki hubungan sangat dekat dengan Prabowo Subianto. Sementara Sandiaga Uno menjadi calon kuat Menteri Kelautan dan Perikanan karena kecil kemungkinan korupsi sehubungan dengan harta kekayaannya yang sangat banyak.

“Selain itu, jika Sandiaga Uno menjadi menteri maka pesan rekonsiliasi antara Jokowi dengan Gerindra akan makin kuat,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan, soal penggantian Edhy Prabowo sebagai Menteri KP, Partai Gerinda menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden.

“Hal itu merupakan hak prerogatif presiden, dan kita belum bicara atau belum mendapatkan kabar lebih lanjut mengenai itu,” kata Dasco Ahmad. (Ref)

Tinggalkan Balasan