Pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kabupaten Garut

GARUT, Kabariku- Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, S.H., M.H., MP., mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Kabupaten Garut, berlangsung di Ballroom Fave Hotel, Jalan Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Jum’at (22/10/2021).

Bupati Garut menyatakan, pengukuhan TPKAD Garut ini sangat penting, apalagi pada tahun 2015 silam inklusi keuangan Garut hanya berada di angka 12 persen.

“Saudara-saudara sekalian tentunya ini adalah penting, jadi saya juga mohon ini menjadi perhatian, saya masih inget 2015 kami kedatangan ketua OJK Provinsi Jawa Barat, saya diskusi (katanya) Pak Bupati inklusi keuangan Garut cuma 12 persen, saat itu hanya 12 persen akses keuangan masyarakat Garut, kecil pak paling kecil di Provinsi Jawa Barat untuk ukuran wilayah yang jumlah penduduknya ada 2,6 juta (jiwa),” kata Bupati Garut dalam sambutannya.

Disaksikan Wakil Bupati dr. H. Helmi Budiman, Penandatangan dan pengukuhan oleh Bupati dan Drs. H. Nurdin Yana., MH., sebagai ketua TPKAD kabupaten Garut.

“Apalagi, adanya pandemi telah memberikan tekanan berat khususnya bagi prekonomian, baik secara global, nasional, maupun Jawa Barat,” imbuhnya.

Bupati berharap dengan adanya TPKAD Kabupaten Garut mampu mendorong elektronisasi transaksi keuangan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut.

“Hingga saat ini baru sekitar 30% masyarakat Kabupaten Garut memiliki akses terhadap lembaga keuangan,” tandasnya.

Sementara itu, Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Barat, Wahyu Putri Pamungkas menyampaikan ucapan selamat atas dikukuhkannya TPKAD Kabupaten Garut, ia berharap BI dan Pemkab Garut bisa bersama-sama mendorong akses keuangan Kabupaten Garut.

Oleh karena itu, Bank Indonesia Jawa Barat, mendukung penuh pembentukan TPAKD di Kabupaten Garut sejalan dengan peran Bank Indonesia dalam mendorong elektronisasi transaksi keuangan di Pemerintah Daerah oleh masyarakat melalui pembentukan TPAKD.

“Karena upaya percepatan perluasan implemetasi ETPD (Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah) di daerah tidak mungkin tercapai tanpa adanya perluasan akses keuangan di masyarakat,” tegasnya.

Senada dengan Perwakilan BI Jawa Barat,  Kepala OJK Tasikmalaya, Edi Ganda Permana, mengungkapkan pihaknya berharap dengan adanya TPKAD ini Kabupaten Garut bisa berkiprah dalam memajukan literasi dan inklusi keuangan masyarakat dalam rangka memajukan ekonomi daerah melalui akses keuangan terutama pengembangan UMKM. ***

*Humas Pemkab_Garut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.