Baladhika Adhyaksa Minta agar Dana Desa Dialihkan Jadi Bantuan Langsung Masyarakat Pedesaan

Ketua Umum Baladhika Adhyaksa Yunan Buwana. (*)

KABARIKU – Ketua Umum Baladhika Adhyaksa, Yunan Buwana meminta Presiden RI Joko Widodo menunda terlebih dahulu pencairan Dana Desa dan mengalihkannya pada pogram penyaluran bantuan dana langsung untuk masyarakat desa.

“Hal ini kami mohonkan dengan mempertimbangkan atas kondisi masyarakat kecil di pedesaan yang sangat terdampak atas kondisi pandemi corona ini,” kata Yunan, panggilan akrab Yunan Buwana dalam konferensi pers di Bandung, Senin (6/4/2020).

Bantuan langsung kepada masyarakat tak mampu di pedesaan, lanjut Yunan, akan bisa memberikan semangat dan motivasi untuk bertahan hidup.

“Bayangkan keluarga yang punya anak 2 atau lebih dan tidak ada pekerjaan, tentunya beban mereka sangat berat dengan kondisi yang ada sekarang ini,” ujarnya.

Yunan memaparkan, sebagaimana disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani, dampak penyebaran virus corona terhadap ekonomi akan lebih kompleks dibandingkan dengan krisis yang terjadi pada 1997-1998 dan 2008-2009.

“Kami sampaikan virus corona jauh lebih kompleks dari 1997-1998, karena saat itu kami tahu penyebab dan bisa menahan. Kalau yang virus corona belum tahu penahannya apa,” ucap Baladhika mengutip pernyataan Sri Mulyani, Senin (6/4/2020).

Dampak ekonomi virus corona juga, lanjutnya, lebih kompleks dari krisis ekonomi 2007-2008 lalu yang hanya sektor keuangan saja yang terkena dampak. “Sementara corona berimbas ke seluruh sektor,” paparnya.

Dalam kesempatan itu Yunan pun menandaskan, pihaknya mendukung penuh upaya pemerintah dalam penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona / Covid 19.

“Semoga pandemi ini cepat berlalu agar kehidupan sosial dan roda ekonomi bisa berjalan kembali seperti semula,” harapnya.

Leave a Reply