Menkopolhukam: ‘Dukungan Masyarakat Papua Salah Satu Kunci Kesuksesan PON XX dan Papernas XVI’

  • Bagikan

Kabariku- Dalam rangka pengecekan kesiapan penyelenggaraan PON XX Papua di Kabupaten Merauke sebagai klaster penyelenggara. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P., bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., melakukan kunjungan kerja ke Merauke, Papua, pada Sabtu (11/9/2021).

Menkopolhukam dan Mendagri beserta rombongan tiba di Bandara Mopah sekitar pukul 15.15 WIT menggunakan pesawat khusus TNI AU setelah kunjungan di Jayapura, kemudian menuju venue Cabor sepak bola putri Stadion Katalpal Mopah.

Menko Polhukam, Mahfud MD, menegaskan bahwa dukungan dari masyarakat Papua menjadi salah satu kunci kesuksesan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Papernas) XVI. Ajang olahraga nasional ini rencana akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Saya berharap masyarakat juga ikut bergembira dengan ini. Bantulah aparat TNI, Polri, BIN, pemda, yang sekarang sedang menggencarkan vaksinasi,” ujar Mahfud usai meninjau kesiapan dan pengamanan PON dan Papernas di Jayapura. Sabtu kemarin

Untuk mendukung penyelenggaraan PON dan Peparnas Papua pemerintah memprioritaskan vaksinasi di lima Kabupaten/Kota penyelenggara. Kelima daerah tersebut yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Keerom.

“Pemerintah punya target vaksin sampai dengan 70 persen, sehingga PON ini juga berjalan aman, nyaman bagi yang nanti akan ikut menonton dengan syarat tertentu,” ujar Menko Polhukam.

Dalam kunjungan kali ini, Mahfud memastikan kesiapan pengamanan dan penerapan protokol kesehatan di beberapa venue, antara lain venue renang, Stadion Mandala, Gelanggang Olahraga (GOR) Cenderawasih di Kota Jayapura serta GOR Toware, Stadion Barnabas Youwe Sentani, venue kriket, dan lapangan hoki di Komplek Olahraga Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura. Selain itu ditinjau juga asrama atlet di Rindam XVII Cendrawasih.

“Dua hari kunjungan saya ke Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, memberikan kesimpulan secara umum bahwa PON XX dan Peparnas XVI ini insyaallah akan bisa terlaksana dengan baik sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Semua persiapan baik fisik maupun apapun yang terkait dengan ini dapat dikatakan 95 persen sudah selesai, hal-hal yang masih kurang yang sifatnya teknis akan diselesaikan dalam waktu yang tersisa,” ujarnya

Menutup keterangan persnya, Mahfud menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung persiapan PON dan Peparnas Papua ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada aparat TNI, Polri, BIN, Kejaksaan Tinggi, Kadispora, Kadis PUPR dan lainnya, teruskan bekerja dengan giat, persiapkan PON dengan baik karena torang bisa,” pungkasnya.

Selepas dari Jayapura, Mahfud didampingi Mendagri Tito Karnavian, melanjutkan kunjungan kerjanya ke Merauke untuk meninjau pengamanan dan kesiapan beberapa venue serta meninjau perbatasan lintas batas negara di ujung timur Indonesia. Turut mendampingi dalam kunjungan, Kemen-PUPR, Kemenpora, PB PON, dan KONI Pusat. ***

Sumber: Humas Setkab/Menkopolhukam
Dipublikasikan pada 11 September 2021

Red/K.101
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *