Lima Daerah di Jabar Menanti Status PSBB

  • Bagikan
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (*)

KABARIKU – Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) bagi lima daerah yakni Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bogor, serta Kabupaten dan Kota Bekasi.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, surat pengajuan dilayangkan pada Rabu (8/4/2020). Ia berharap, dalam satu atau dua hari keputusan Menkes sudah keluar.

“Mudah-mudahan dalam satu atau dua hari keluar keputusannya,” kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan Bandung, Rabu (8/4/2020).

Menurut aturan seperti diungkapkan Sekjen Kemenkes Oscar Primadi, pengajuan PSBB dari daerah harus segera dijawab Kemenkes paling lama dua hari sejak pengajuan diterima.

“Menteri Kesehatan menetapkan PSBB untuk wilayah provinsi, kabupaten, kota tertentu dalam jangka waktu paling lama dua hari sejak diterimanya permohonan penetapan ini,” ucap Oscar kepada wartawan.

Berpijak pada aturan tersebut, maka paling lama hari ini (Kamis 9/4/2020), jawaban Menkes atas pengajuan PSPB dari Pemprov Jabar, harus sudah keluar.

Ridwan Kamil berharap, penanganan PSBB di lima daerah di Jabar satu klaster dengan DKI Jakarta. Sebab, data menunjukkan secara nasional 70 persen persebaran Covid-19 berada di wilayah Jakarta dan lima daerah di Jabar tadi.

Ia menambahkan, Jawa Barat akan mengikuti keputusan DKI Jakarta terkait PSBB di wilayah Jabodebek, atau sebaliknya jika ada masukan dari Jawa Barat, pihak DKI Jakarta mempertimbangkannya.

Ditambahkannya, kelima wilayah yang mengajukan PSBB sudah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk sudah melakukan simulasi dengan berkoordinasi bersama pihak kepolisian. (Ref)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *