Kunjungan Kapolda Jabar Irjen Pol. Suntana ke Lokasi Banjir Bandang dan Tinjau Vaksinasi di Garut

  • Bagikan

GARUT, Kabariku- Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Kapolda) Jawa Barat Irjen Pol. Drs. Suntana, M.Si., meninjau langsung wilayah terdampak bencana banjir bandang di Desa Cinta Kec. Karang tengah Kab. Garut. Minggu sore, (28/11/2021).

Pada kegiatan tersebut, Kapolda Jabar beserta rombongan melaksanakan peninjauan ke posko bencana Polres Garut di desa Cinta kecamatan Karang Tengah dan meninjau kesiapan dapur umum.

Setelah meninjau ke posko Polres Garut dan dapur umum, Kapolda beserta rombongan meninjau lokasi yang terdampak di Kamp. Cileles, Kamp. Bojongsari Desa Cinta dan Kamp. Jungre Desa Caringin Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Garut.

Pada peninjauan tersebut rombongan meninjau jembatan akses warga yang menghubungkan antara Kampung dan desa. Jembatan di Kamp. Cileles Desa Cinta dan Kamp. Jungre Caringin Kecamatan Karangtengah hanya bisa dilalui oleh kendaraan R2 sedangkan untuk R4 belum bisa dikarenakan masih terdapat material Banjir Bandang.

Sedangkan untuk Jembatan Bojongsari sampai dengan saat ini masih belum bisa dilewati oleh kendaraan baik kendaaraan R4 maupun R2 dikarenakan masih dipenuhi material Banjir Bandang.

Selanjutnya lokasi yang juga ditinjau oleh Kapolda Jabar beserta rombongan adalah lokasi pengungsian warga di Kp. Ragadiem yang ditempati oleh 105 orang warga terdampak, ditempat tersebut Kapolda Jabar meninjau kesiapan sarana dan prasarana tempat pengungsian.

Seperti diketahui, banjir bandang menerjang dua kecamatan di Kabupaten Garut, yaitu Kecamatan Sukawening dan Kecamatan Karangtengah pada Sabtu kemarin.

Kapolres Garut Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadikcaksono, S.I.K., M.Si., mengatakan, banjir bandang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi sejak siang hingga sore. Akibatnya, sungai di Kecamatan Karang Tengah meluap.

Disampaikan Kapolres Wirdhanto, Banjir bandang ini setidaknya menerjang tiga desa, yakni Cintamanik, Cinta, dan Caringin (Kecamatan Karang Tengah).

“Saat ini, air banjir telah surut. warga dan petugas gabungan, baik dari Polres Garut, TNI, maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, tim relawan, serta warga sekitar bergotong royong mengevakuasi material lumpur dan batu yang terbawa banjir bandang.” jelas Kapolres Garut.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir bandang ini. Namun lima rumah terkena dampak akibat banjir dan empat akses jalan penghubung desa di Kecamatan Karang Tengah ini tidak bisa dilalui,” tambahnya.

Petugas menghimbau kepada warga, untuk selalu waspada mengantisipasi terjadi banjir bandang susulan. Warga diingatkan untuk segera mengungsi jika air sungai meluap.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat (Jabar), Irjen Pol Suntana, dalam  kunjungan kerja ke Kabupaten Garut, dalam rangka meninjau pelaksanaan Gebyar Vaksin Kolaborasi, yang dipusatkan di Yayasan Pendidikan Islam As-Syarieffiyah, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut, Jum’at (26/11/2021).

Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH., MH., MP., menyampaikan Kabupaten Garut menargetkan pada tanggal 25 Desember 2021 bisa masuk ke Level 1 di Masa PPKM Jawa-Bali.

“Alhamdulillah terima kasih Bapak Kapolda, dimana Garut sekarang menuju ke 57 persen secara umum, kita target 25 Desember sudah masuk ke Level 1 dengan (target capaian) 70 persen, dan insya Allah sebelum hari ulang tahun Garut yang 16 Februari kita ingin (mencapai) herd immunity,” ujar Bupati Garut.

Bupati Rudy juga mengapresi seluruh pihak, khususnya unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) dan  Puskesmas yang telah bahu membahu dalam pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Garut.

Ia berharap dengan adanya kunjungan dari Kapolda Jabar ke Kabupaten Garut, bisa mendorong pihaknya untuk terus meningkatkan komitmen dalam menjaga ketertiban pada pelaksanaan vaksinasi.

Bupati juga melaporkan, pihaknya saat ini sudah melakukan vaksinasi jemput bola guna mempercepat capaian vaksinasi di Kabupaten Garut.

“Perlu kami laporkan Bapak Kapolda bahwa para Babinsa dan Bhabinkamtibmas semangat melaksanakan vaksin karena harus dapat mengawal bidan-bidan desa sampai ke golodog-golodog (halaman rumah),” katanya.

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana mengatakan, pihaknya akan terus mendukung pelaksanan vaksinasi di Jawa Barat, apalagi saat ini vaksinasi menjadi salah satu syarat perubahan level pada PPKM Jawa-Bali.

“Seperti diketahui teman-teman bahwa vaksin merupakan salah satu syarat perubahan level dalam status COVID-19, aktivitas ekonomi kalau levelnya sangat bagus, berarti aktivitas ekonomi juga semakin bagus, dan masyarakat kita, saudara-saudara kita, bisa bekerja seperti biasa, bisa mencari uang untuk kehidupan,” kata Kapolda Jabar.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi, karena vaksin itu aman.

“Untuk itu kami mohon kepada rekan-rekan melalui media, untuk terus meningkatkan (keinginan vaksinasi) masyarakat, jangan takut divaksin, harus divaksin, vaksin itu aman,” ungkapnya.

Selain itu, kunjungan kerja Kapolda Jabar ini dalam rangka perkenalan diri kepada para personil Polres Garut. Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan Kapolda Jabar antara lain, memberikan arahan kepada para pejabat utama Polres Garut, perwira Polres Garut dan personil Polres Garut yang hadir di Aula Polres Garut.

Dalam arahanya, Kapolda Jabar mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh personil Polres Garut yang telah bertugas dengan baik. Salah satu contohnya adalah melaksanakan vaksinasi masal sesuai dengan target sasaran.

Namun Jenderal Bintang 2 itu menuturkan jangan merasa puas dengan apa yang telah dicapai selama ini, tetap aktif membuka gerai vaksin dalam upaya penanganan pandemi covid-19.

Kapolda Suntana juga berharap agar penanganan kasus tindak pidana dapat diselesaikan secepat mungkin guna mengantisipasi Harkamtibmas.

“Terima kasih kepada seluruh lapisan tokoh agama dan masyarakat yang selama ini telah membantu peran serta kewenangan Polri dalam melaksanakan tugas di Kepolisian serta dapat menjaga kondusifitas masyarakat di wilkum Polres Garut,” tuturnya.

Terakhir yang disampaikan harapannya kepada seluruh personil Polres Garut adalah melakukan tugas dengan penuh rasa ikhlas dan berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Insya Allah segala perbuatan baik kita dalam berdinas di Kepolisian akan mendatangkan rezeki dan pahala,” pungkasnya.

Kapolda Suntana selama kunjungannya didampingi Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol Yuri Karsono, S.I.K., Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A. Chanigo, S.I.K., M.Si, Ka Rumkit Sartika Asih Bandung Kombes Pol dr. Harry Kamijantono, SP.OT., FICS., MM., Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadikcaksono, S.I.K., M.Si., Danrem 062 Taruma Negara Kolonel Inf kosasih, S.E, Waka Polres Garut Kompol Yopi Mulyawan Suryawibawa, S.Pd, S.I.K, C.P.H.R,.***

*Sumber: humaspolda.jabar

Red/K.101
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *