Boyke Adam Kiper Legenda Kebangkitan Persib Bandung Era 80an

  • Bagikan

Kabariku- Pria kelahiran Bandung, 8 Januari 1959, Boyke Adam SH. MM., salah seorang pemain yang berjasa besar dalam kebangkitan Persib Bandung di era 80-an, hingga layak disebut sebagai legenda.

Mendadak jadi kiper saat awalnya berposisi sebagai penyerang, nasib membawa Boyke Adam menjadi salah satu legenda Persib Bandung.

Sejauh itu, Boyke Adam tidak menyangka akan meraih kesuksesan sebagai penjaga gawang, karena dia merasa tak merencanakannya sejak awal.

Coach Boyke, begitu panggilannya. Saat ini, menurut dia sepak bola tidak membeda-bedakan, tidak membatasi bakat, dan yang paling penting sepakbola adalah alasan harapan hidup bagi jutaan anak muda di seluruh dunia.

“Sejarah olahraga ini penuh dengan atlet yang berasal dari berbagai latar belakang keluarga. Sepak bola disebut sebagai ‘The Beautiful Game’ karena suatu alasan,” ungkap Coach Boyke.

Ada kisah Garut di masa kecil
Anak sulung dari pasangan Hj. Itjeu Aisah dengan R.M. Bob Yacob Ishak (Mantan Bupati tahun 1967) ini.

“Saya Sunda Asli, euy. Ayah Lahir di Labuan Banten. Ibu dari Bogor. Kakek Nenek ASGAR. Tahun ‘67 saya ikut orangtua yang pindah tugas kerja ke Garut. Saya masuk kelas 3 SD Leuwidaun dan SMP di Daya Susila. Saat Itu orangtua saya dipindah-tugaskan, Kepala Kejaksaan Negeri Garut. Tahun ’67 terpilih jadi Bupati Garut,” kenang dia.

Jebolan Manajemen Pemasaran ARS International ini melanjutkan kisahnya, perjalanan karirnya mulai menanjak, 1976 terpilih Tim Persib Yr dan Tim Pelajar Indonesia, 1978 Tim Persib B,  1979 Tim Mahasiswa Indonesia, 1980 Tim Persib Senior, 1984 Timnas PSSI B, 1986 Timnas PSSI Selection, Tim PON JABAR. 1989 Pensiun Tim Persib Senior.

Melanjutkan hobby yang menjadi karir di dunia sepakbola, Coach Boyke melanjutkan berkarier di Kepelatihan.

“Alhamdulillah Sertifikat saya di Sepakbola nggak jeblog-jeblog  teuing, di Bandung,  di Tim Persib Itu saya ada andil membesarkan namanya,” ungkapnya.

Disebutkan, dirinya adalah sulung dari 6 bersaudara, 3 Sarjana Hukum, 1 Sarjana Ikopin, 1 Sarjana Landscape, 1 Sarjana Perhotelan.

“Saya Pensiunan PT.PLN(Persero) Jawa Barat. Dalam Karier Melatih  saya bangga pernah jadi Asisten di Timnas U14. Timnas U16, dan pernah menjadi Assisten di Headcoach Asing, Mr Sergei Dubrovin dan Mr Juan Paez, Pasca pensiun kerja, saya mengelola SSB BAFC. Boyke Adam Football Camp. Berusaha tetap berkarya, Landong lieur,” beber dia.

Dirinya mengaku bangga dibesarkan di Kota Intan Garut, banyak kawannya yang hidup sukses di Garut.

“Alhamdulillah, walaupun tersendat, study saya bisa sampai S2. Saya bangga dibesarkan di Kota Intan Garut. Seingat saya dulu, saya merasakan  adanya rasa kekeluargaan; solidaritas di lingkungan masyarakatnya tinggi”.

Postur tubuhnya yang tinggi besar, namanya masuk ke dalam pemain pilihan pelatih Mareka Janota pada akhir era 70-an.

Pemain yang  kala itu  terpilih pelatih asal Polandia, mereka adalah pemain-pemain terbaik asal Bandung  yang bertalenta. Sebut saja Adjat Sudrajat, Adeng Hudaya, Robby Darwis dan segudang para bintang Persib lainnya di waktu itu. Termasuk Boyke Adam sendiri.

Kabarnya sang kiper legendaris Persib ini sekarang
Meski sudah pensiun dari jaga menjaga gawang, aktivitasnya tetap tidak jauh dengan sepakbola khususnya penjaga gawang. Disela-sela kesehariannya, ia mengurusi klub yang didirikannya  yakni Boyke Adam Football Club (BAFC).

Klub yang dirikannya khusus bukan saja untuk melahirkan pemain belakang, tengah dan depan, di BAFC tersebut dilakukan pelatihan kiper yang bertujuan agar stok penjaga gawang di Bandung tidak kehabisan.

Aqil M Saviq salah satu kiper muda Persib yang kini memperkuat Tim Nasional U-23 mengawali karirnya bersama Boyke Adam di BAFC.

Coach Boyke sampai saat ini masih mengamati perkembangan para kiper muda yang berkiprah di Kota Bandung.

“Seneng rasanya bisa menyaksikan kiper -kiper lokal Bandung berjaya di Tim Persib,” katanya.

Coach Boyke bisa dibilang yang peduli terhadap perkembangan kiper. Kepeduliannya dibuktikan Diklat khusus pelatihan kiper melalui klub BAFC.

Coach Boayke masih menyimpan harap hadir di Garut membesarkan Persigar, “Ingin sekali melatih Tim Persigar Senior. Ingin memajukan Persepakbolaan  kota Garut dikancah Nasional,” akunya.

Berkenaan ramainya kabar beberapa pekan lalu Dani-Mulan akan beli Club Persigar, dirinya mengaku kaget.

“Kenapa dijual? kan milik Pemda. Kewajiban Pemda, KONI dan ASKAB PSSI Garut untuk menumbuh kembangkan Persigar,” ujarnya.

Menurutnya, Persigar adalah Perserikatan milik Daerah. Jangan lagi ada kata ‘akan’ menjual Persigar.

“Mendingan benahi infrastrukturnya. Fasilitas Berlatih Sepakbolanya distandarisasi. Kabupaten lain sudah punya Stadion Megah , Garut masih tertinggal jauh. Saya ikut prihatin,” katanya.

Boyke Adam, selain sederet pengalaman dibawah mistar gawang Persib, ia pun sarat pengalaman melatih. Utamanya, berbagai kursus lengkap dengan sertifikatnya ia miliki dan masih terawatt hingga kini.

“Tapi, untuk zaman sekarang sarat pengalaman dan banyaknya sertifikat justru tidak berguna lagi,” ujar Coach Boyke sedikit pesimistis.

Kendati begitu, ia tetap siap turun gunung siapapun yang membutuhkan jasanya khususnya menangani serta melahirkan kiper.

“Jika untuk melatih apalagi membina dan melahirkan buat saya sangat senang, saya sangat senang berbagi pengalaman dan berbagi ilmu apalagi kepada calon kiper muda,” pungkasnya. ***

Boyke Adam, Pengalaman Pemain;
– Mantan Klub UNI Bandung,
– Mantan Tim Persib,
– Mantan Timnas PSSI B & Selection,
– Timnas Pelajar,
– Timnas Mahasiswa,
– Tim PON XI Jabar,
– Tim Galakarya JABAR.

Boyke Adam, Pengalaman Pelatih Kiper;
– PSB Bogor Div 1,
– Persib LIGA (Coach Juan Paez & Coach Indra Tohir),
– Tim PON Jabar 1994 (Coach Nandar Iskandar),
– Timnas PSSI U14 1999 (Coach Maman Suryaman),
– Timnas PSSI U16 2005 (Coach Wartakusuma),
– Timnas PSSI U23 2006 (Coach Bambang Nurdiansyah & Widodo CP),
– Tim Galatama PKT Bontang 1999 ( Coach Sergei Dubrovin),
– Tim All Stars LIGA (Coach Niel Meizar),
– Tim All Stars LIGA(Coach Miroslav Janu),
– Tim PERSIB 1998.

Boyke Adam, Pelatih Kepala Tim;
-Tim PS.UNI Yr,
-Tim PS. UNI Sr,
-Tim PERSIB Haornas,
-TIM HAORNAS JABAR,
-Tim PERSIB Yr,
-Tim PERSIB U21,
-Tim PS.PR GRUP Sr,
-Tim PS IPI Sr,
-Tim Liga 3 PS.Sultan Muda Sr,
-PSB BOGOR Liga 2,
-Tim PORPROV Kota Bogor,
-Tim FOSSBI U11 Turnamen Singa Cup Singapore,
-Tim FJL Jabar U13,
-Turnamen Sabah Malaysia.

Boyke Adam, Sertifikat;
-PSSI S1 Nasional,
-AFC  B Lisence,
-AFC GK Level 1,
-AFC GK Trainer’s Course.

Red/K.101
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *