Ketum Sundawani: Sunda Empire Permalukan Masyarakat Sunda

0 914

KABARIKU – Keberadaan Kerajaan Sunda Empire yang kini jadi perbincangan hangat masyarakat telah mengusik ormas Sundawani Wirabuana.

Menurut ormas ini, Sunda Empire telah mempermalukan masyarakat Sunda, dan jika dibiarkan akan berdampak pada penyesatan kearifan lokal yang selama ini dijunjung tinggi masyarakat Sunda.

Hal itu ditegaskan Ketua Umum Sundawani Wirabuana, Robby Maulana Zulkarnaen, dalam pernyataan sikapnya yang diterima Kabariku, Sabtu (25/1/2020).

Inilah pernyataan sikap Sundawani Wirabuana atas keberadaa Sunda Empire:

  1. Keberadaan Sunda Empire tidak ada kaitannya dengan organisasi Sundawani Wirabuana
  2. Sunda Empire dengan segala paparannya telah mempermalukan masyarakat Sunda
  3. Keberadaan Sunda Empire apabila dibiarkan akan berdampak pada penyesatan kearifan lokal yang selama ini dijunjung tinggi masyarakat Sunda.

Terkait hal itu, lanjut Robby, Sundawani menolak keberadaan Sunda Empire yang kini terus menyosialisasikan mimpi-mimpinya.

“Mimpi-mimpi Sunda Empire dapat menjerumuskan masyarakat Sunda,” kata Robby.

Sementara itu, dalam pernyataan terakhirnya yang dimuat berbagai media, petinggi Sunda Empire HRH Ki Ageng Ranggasasana menyatakan kelompoknya mengakui adanya Negara Kedaulatan Republik Indonesia (NKRI), akan tetapi Indonesia berada di bawah pimpinan Sunda Empire.

“Kok enggak mengakui, ya ngakuin dong. Anaknya kok enggak ngakuin, bagaimana sih, ya, bloon saja Sunda Empire tidak mengakui (NKRI),” kata Ranggasasana kepada wartawan di Bali, Jumat (24/1/2020).

Ia menandaskan, Sunda Empire merupakan pemimpin negara-negara di dunia sehingga Inggris pun berada di bawah Sunda Empire. (Has)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.