Inilah Pidato Akhir Tahun Rektor IPB di Perkumpulan Gerakan Kebangsaan

Rektor IPB Arif Satria menyampaikan pidato akhir tahun di kantor DPP Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (27/12/2019)

KABARIKU – Optimisme dalam membangun bangsa merupakan keharusan karena akan memberikan energi positif dalam berpikir dan bertindak. Optimisme ini kini mengalir dan momentumnya adalah tahun 2045, persis 100 tahun Indonesia Merdeka.

“Diperkirakan Indonesia akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia dengan USD PDB 7,3 triliun dan pendapatan per kapita USD 25 ribu.” Hal itu diungkapkan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria dalam pidato refleksi akhir tahun bertajuk “Kebebasan Akademik dan Transformasi Demokrasi” di kantor DPP Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (27/12/2019).

Hadir pada kesempatan itu Ketua Umum DPP PGK Bursah Zarnubi, Presiden Asian African Youth Government Benni Pramula, mantan Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat, anggota DPR Sri Meliyana, dan ratusan aktivis lainnya.

Namun menurut Arif, tidak dipungkiri kita sekarang belum dalam kondisi ideal. Dalam banyak indikator kita berada di bawah negara-negara di Asia Tenggara. Ia mencontohkan Indeks Inovasi kita yang berada di urutan 85.

“Bandingkan dengan Singapura (8), Malaysia (35), Thailand (43), Vietnam (42), Filipina (54), Brunai 71,” ujarnya.

Arif juga menyebut, pada 2019 Indeks Daya Saing Global kita di urutan 50 dunia, dan urutan keempat di Asia Tenggara di bawah Singapura, Malaysia dan Thailand. Kemudian, Indeks Ketahanan Pangan berada di urutan 62 dan kelima di Asia Tenggara. Dalam Food Sustainability Index (FSI), tahun 2018 Indonesia mendapat skor 59,1 tertinggal dari Ethiopia dengan 68,5 yang dulu dikenal sebagai daerah kelaparan.

Selain itu, lanjutnya, menurut FAO angka Food Lost and Waste atau FLW (kehilangan dan pemborosan makanan) kita juga tergolong tinggi, sekitar 300 kg/kapita/tahun dan tegolong nomor dua di dunia setelah Arab Saudi.

“FLW telah menjadi perhatian dunia karena sepertiga makanan hilang. Sebenarnya dengan mengatasi FLW saja, maka ketersedian pangan kita akan meningkat,” kata Arif.

Arif pun menyodoran angka statistik lainnya, yakni Indeks Kelaparan Global. Ia mengatakan, versi IFPRI bahwa skor indeks kita sebesar 21, sementara skor negara maju kurang dari 5.

Pada tahun 1992, katanya, skor kita sebesar 35,8, sementara selama 22 tahun hingga tahun 2016 turun 12,9 persen, atau dirata-ratakan turun 0,6 point per tahun.

“Maka diperlukan waktu 27 tahun untuk sama dengan negara maju,” jelas Arif.

Dengan menyodorkan angka-angka tadi, Arif mengaku tak hendak mengajak bangsa Indonesia pesimis, melainkan mengajak agar semua pihak makin serius memikirkan masa depan bangsa.

Menurutnya, untuk mengatasi semua itu, solusinya adalah menciptaan SDM unggul.

“Dan tugas perguruan tinggilah menciptakan SDM unggul tersebut,” sebut Arif.

Apa itu SDM unggul? Menurut Arif, SDM unggul adalah yang responsif dan adaptif terhadap perubahan. Responsif terhadap perubahan mensyaratkan sejumlah soffskill seperti kemampuan belajar cepat, kelincahan, fleksibilitas, dan future mindset.

Arif pun memaparkan pentingnya kreativitas. Menurutnya kreativitas merupakan modal yang tak terbatas dan sangat menentukan. Dengan mengutip pendapat Jack Ma, Arif mengatakan, kompetisi mendatang adalah kompetisi berbasis kreativitas dan imajinasi. Modal finansial, pengetahuan dan aset sudah dikalahkan oleh modal kreativitas.

“Hampir semua Unicorn baru yang muncul dan lalu mengalahkan perusahaan-perusahaan konvensional adalah karena berbekal kreativitas yang tinggi. Jadi, kreativitas akan menjadi instrumen penting dalam mobilitas vertikal seseorang,” paparnya.

Posisi kampus

Arif menilai sekarang ini demokrasi politik lebih dominan dibandingkan dengan demokrasi ekonomi. Padahal yang diperlukan saat ini adalah demokrasi ekonomi karena berhubungan langsung dengan kepentingan rakyat.

Oleh karena itu, lanjutnya, kampus harus hadir dengan mengambil poisisi keberpihakan kepada rakyat dengan melahirkan inovasi-inovasi 4.0 yang membumi dan bermanfaat bagi rakyat luas pelaku di akar rumput, seperti petani, peternak, nelayan dan masyarakat bawah lainnya.

Peran lainnya yang harus diambil kampus dalam posisi keberpihakan kepada rakyat adalah hadir sebagai penyejuk ketika ruang publik memanas. Selain itu, kampus pun ditunggu perannya sebagai kontributor pemikiran dan kebijakan pembangunan ketika kebijakan yang diambil tidak berbasis akal sehat lagi. (Ref)

Tinggalkan Balasan