KMPP Minta DPRD dan Pemkab Garut Turun Tangan untuk Evaluasi Perusahaan Panas Bumi Start Energy Geothermal Darajat

Garut, Kabariku- Ratusan Masyarakat Kecamatan Pasir Wangi Kabupaten Garut yang tergabung Koalisi Mahasiswa Pemuda Petani (KMPP) dan masyarakat Kecamatan Pasir Wangi diundang oleh DPRD kabupaten Garut, pada Selasa (30/04/2024).

Pertemuan tersebut berkaitan dengan keberadaan PT. Start Energy Geothermal yang terletak di Gunung Darajat Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut.

Jajang Apad selaku koordinator KMPP mengatakan, sebelumnya KMPP sempat melayangkan aduan berbagai permasalahan dan paradigma tidak baik sekitar keberadaan perusahaan tersebut yang dilayangkan kepada Kementrian KLHK, Kementerian investasi, kementrian ESDM RI dan Komisi VII DPR RI.

“Dan sekarang di kesempatan ini di gedung DPRD dalam hal-hal yang kiranya itu merupakan aspirasi warga masyarakat Pasirwangi, ada beberapa poin sebagai mana dimaksud menjadi polemik dan permasalahan dan pembahasan,” kata Jajang Apad.

Adapun permasalahan yang disampaikan KMPP yaitu; masalah lingkungan hidup disekitar, masalah Ketenagakerjaan, infrastruktur, serta perencanaan Dana Bagi Hasil (DBH) dan Bonus Produksi Panas Bumi, proyek pemboran sumur baru, Kendaraan besar yang mengganggu kebisingan warga sekitar, masalah TJSL dan masalah lainya.

Aksi audensi tersebut, dihadiri oleh wakil ketua komisi III DPRD dan komisi II DPRD Kabupaten Garut, para pihak yang hadir dari pihak eksekutif, diantaranya; Dinas DPMPT, Dinas Perhubungan, Dinas KLHK, Bapeda. Sementara namun pihak perusahaan Start Energy Gheothermal Indonesia tidak hadir.

“Pihak DPRD akan menindaklanjuti apresiasi dan aspirasi para masyarakat kecamatan pasirwangi, dan ada juga beberapa rekomendasi dari hasil aksi audensi tersebut, yang akan dibahas minggu depan selanjutnya,” pungkas Jajang Apad.***

Red/K.101

Tinggalkan Balasan