236 Peserta dari 25 Kabupaten-Kota Ikuti Kejurda Catur Jawa Barat di Garut

Garut, Kabariku- Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Provinsi Jawa Barat mengadakan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Catur tingkat Provinsi Jawa Barat di Hotel Tirta Kencana, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Senin (27/05/2024).

Kejuaraan ini diikuti oleh 236 peserta berusia 6-19 tahun dari 25 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut, Ade Hendarsyah, mengungkapkan rasa bangganya karena Kabupaten Garut dipercaya sebagai tuan rumah Kejurda Catur tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2024.

Ade menyatakan bahwa catur merupakan salah satu cabang olahraga yang populer di masyarakat.

“Mungkin Pak Ketua Percasi Garut dan Pak KONI tahu kita sering mengadakan kejuaraan, tapi untuk jadi tuan rumah tingkat Jawa Barat mungkin baru tahun ini ya, kita dipercaya jadi tuan rumah,” kata Ade.

Ade berharap Kejurda Catur ini dapat menghasilkan atlet-atlet berprestasi dari masing-masing kabupaten/kota.

Selain itu, ia melihat kegiatan ini sebagai upaya pembinaan dan evaluasi terhadap latihan yang telah dilakukan di masing-masing daerah.

“Selain tentu saja kepentingan provinsi menyiapkan atlet-atletnya untuk tingkat nasional bahkan mungkin aja di event-event internasional,” tambahnya.

Ade juga menginginkan agar kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap perekonomian Kabupaten Garut dengan menghadirkan banyak peserta dari luar kabupaten.

“Kemudian juga mudah-mudahan mendapatkan kesan positif bagi peserta di luar Kabupaten Garut,” ujarnya.

Ketua Percasi Provinsi Jawa Barat, Deni Nurdyana, menjelaskan bahwa kejuaraan ini adalah bagian dari upaya pembinaan yang dilakukan oleh Percasi Provinsi Jawa Barat dan Percasi Kabupaten Garut untuk melahirkan tokoh-tokoh catur baru di Indonesia.

Jawa Barat sendiri, kata Deni, selalu meraih gelar juara di hampir setiap pertandingan tingkat nasional.

Menurut Deni, Percasi Provinsi Jawa Barat berusaha membina para atlet catur dengan mengikutsertakan mereka dalam berbagai lomba, baik regional, nasional, maupun internasional. Bahkan, Percasi pusat sering mengirimkan pemain dunia untuk bermain dan membina para atlet catur di Indonesia.

“Tahun ini ada juga pertandingan di Jakarta yang itu mendatangkan beberapa tokoh dunia main di Indonesia, nah ini juga kita turut mengirimkan di situ,” katanya.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Garut, Abdusy Syakur Amin, menyebutkan bahwa Kejurda ini menjadi momen persiapan bagi para atlet di Kabupaten Garut dalam menghadapi Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Tahun 2024.

“Saya berharap ini berjalan dengan sukses. Kita juga ingin penyelenggaraan berjalan dengan baik, yang pasti bahwa anak-anak kita punya kesempatan untuk bertanding, salah satu indikator cabang olahraga yang baik adalah adanya kompetisi yang sistematis, berjenjang, dan berkesinambungan,” ujar Abdusy Syakur.

Ia juga berharap agar ke depannya pihaknya dapat menyelenggarakan kejuaraan catur tingkat kabupaten yang melibatkan berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi dan sekolah-sekolah di Kabupaten Garut.

“Catur adalah olahraga yang bukan hanya fisik tapi juga otak, ini kita support dan dorong secara bertahap,” tandasnya.***

Red/K.101

Tinggalkan Balasan