Barnas Adjidin Tekankan Pentingnya Pembangunan Karakter Bagi Pramuka di Kabupaten Garut

Garut, Kabariku- Penjabat (Pj) Bupati Garut, juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Garut, Barnas Adjidin membuka secara resmi pelaksanaan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Gerakan Pramuka Kabupaten Garut Tahun 2024.

Acara berlangsung di Aula Bank BJB Garut, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (20/2/2024).

Melalui Rakercab ini, Barnas berharap meraih hasil yang baik guna membangun karakter serta kepribadian remaja-remaja di Kabupaten Garut. Dengan persiapan dan kesiapan, serta rencana yang baik, imbuh Barnas, pelaksanaan kegiatan Gerakan Pramuka Kabupaten Garut akan terlaksana dengan betul-betul terarah.

“Sebagaimana dikatakan oleh Kak Kwarcab tadi bahwa harus kegiatan itu berkualitas, jangan banyak tapi nanti tidak jelas, tapi lebih baik sedikit tapi nanti bisa bermanfaat bagi generasi muda tentunya,” ucapnya.

Tidak hanya dalam Gerakan Pramuka, Barnas menyampaikan bahwa pemuda-pemuda di Kabupaten Garut harus dapat diarahkan ke arah yang lebih baik, seiring dengan adanya kemajuan teknologi yang tentunya selain mendapat dampak baik, namun juga memiliki dampak buruk yang harus diantisipasi.

“Jadi kita juga jangan sampai nanti tidak terkendali, sehingga hal-hal karakter bangsa yang bagus itu tidak terbangun. Kita tahu bahwa yang tidak tertinggal dari Generasi Z itu adalah berakhlak. Nah ini sebagai rem daripada langkah-langkah mereka pada kearah peradaban maju,” katanya.

Sementara Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, Kak Helmi Budiman, merasa bersyukur karena hingga saat ini Gerakan Pramuka di Kabupaten Garut masih berjalan dengan baik.

Di tahun keempat kepengurusannya ini, pihaknya mempersiapkan agar Gerakan Pramuka dapat berdaya di Kabupaten Garut, sehingga para anggota Pramuka dapat memiliki kemampuan dan keterampilan.

“Alhamdulilah lahirnya lulusan-lulusan KMD (Kursus Mahir Dasar) maupun KML (Kursus Mahir Lanjutan), alhamdulilah Pak Pj, kita punya pembina lulusan KMD berijazah, itu alhamdulilah dalam kepemimpinan yang periode sekarang itu alhamdulilah 3 ribu orang,” ucap Kak Helmi.

Menjadi seorang pembina, lanjut Kak Helmi, tidak hanya diam, namun para pembina harus dapat membangun karakter dari anggota Pramuka mulai dari Pra Siaga, Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega.

“Karena kan visi kita itu adalah berdaya, setelah berdaya harus digunakan, untuk apa? Pertama untuk membangun karakter, yang kedua untuk berguna, nah untuk berguna abdi kita di masyarakat,” lanjutnya.

Terakhir, ia menyampaikan bahwa tahun 2024 ini merupakan tahun bagi Gerakan Pramuka untuk membina anggota-anggota Pramuka memiliki karakter Pramuka, sesuai dengan apa yang diungkapkan dalam mars Pramuka, bahwa para anggota merupakan manusia Pancasila.

“Sehingga tugas berat 2024 ini bagaimana membina seluruh anggota Pramuka yang ada di sekolah dasar, SMP, SMA maupun perguruan tinggi agar mereka memiliki karakter,” tandasnya.***

Red/K.101

Tinggalkan Balasan