Momentum HUT ke-78 RI, ASN Pemkab Garut Bersaing dalam Lomba PBBAB Tata Upacara dan Penghormatan Militer

Garut, Kabariku- Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menggelar lomba Peraturan Baris Berbaris Angkatan Bersenjata (PBB AB), Peraturan Penghormatan Militer (PPM), dan Tata Upacara Militer (TUM).

Kegiatan ini berlangsung di Lapang Tenis Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (9/8/2023).

Lomba yang berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh 32 SKPD dan 2 BUMD dari lingkungan Pemkab Garut, dengan total 510 peserta. Tujuan dari lomba ini adalah untuk meningkatkan keterampilan psikomotorik Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam PBB AB, PPM, dan TUM.

Dalam pembukaan resmi lomba tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana, menyatakan bahwa pemahaman yang baik terhadap PBB AB, PPM, dan TUM adalah esensial bagi ASN sebagai bentuk keterampilan psikomotorik yang memang dibutuhkan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Garut.

Keterampilan ini tidak hanya relevan dalam momen peringatan nasional, tetapi juga dapat diterapkan dalam berbagai situasi yang memerlukan kemampuan tersebut.

“Setidaknya bentuknya ini adalah bentuk upaya present kita, sehingga kita semua bisa menyadari, memahami, sekaligus juga kemudian mampu mengimplementasikan apa yang dilombakan dalam konteks pelaksanaan tata cara upacara yang setiap minggu kita lakukan,” ucap Sekda Garut.

Nurdin menambahkan, bahwa tidak menutup kemungkinan dalam situasi apapun dan di mana pun ASN berada, akan ada momen-momen tertentu di mana keterampilan PBB AB, PPM, dan TUM akan dibutuhkan.

“Ketika rekan-rekan diminta dalam lingkungan, ketika sudah memahami apa yang menjadi ketetapan ini, keterampilan ini, tentu kita juga akan penuh percaya diri memberikan guiden kepada masyarakat yang ada di lingkungan kita sendiri,” ujarnya.

Sekda Garut menegaskan, bahwa adanya hal tersebut membuktikan bahwa pemerintah memang hadir di setiap momen yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Dengan semangat perayaan HUT RI yang ke-78, para ASN di lingkungan Pemkab Garut diharapkan dapat menjunjung tinggi keseriusan dan keceriaan dalam mengikuti beragam kegiatan, sekaligus tetap fokus pada tugas pelayanan kepada masyarakat.

“Pak Bupati dalam apel Senin mengisyaratkan kepada kita bahwa bulan ini kita, hati kita, konsepkanlah disini senang, disana senang, di mana-mana senang, itu harus terimplementasi dalam kehidupan kita,” lanjutnya.

Sekda Garut juga menegaskan bahwa keterampilan ini mencerminkan kehadiran dan tanggung jawab pemerintah dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Ia berharap ASN dapat menjalankan tugas pokoknya dengan baik, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, tanpa terpengaruh oleh perayaan Hari Kemerdekaan.

“Karena masyarakat hari ini tidak melihat dari sisi yang bersifat dokumen, tapi yang kita dan mereka inginkan adalah bagaimana setiap kebutuhan, setiap produk hukum masyarakat itu bisa terlayani oleh kita dengan baik, maka lakukanlah layanan dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.***

Red/K.101

Tinggalkan Balasan