Musda III 2022, Terpilih KH Iwan dan Syifa Nur sebagai Ketua DPD Pemuda Pemudi PUI Garut

GARUT, Kabariku- Musyawarah Daerah (MUSDA) Persatuan Umat Islam (PUI) Kabupaten Garut digelar secara khidmat, peserta yg hadir diantaranya  pengurus DPD, organisasi otonom mulai dari Wanita PUI, Pemuda, Hima, serta perwakilan dari 33 PC PUI se-kabupaten Garut hadir dalam musyawarah 5 tahunan ini.

Musda Pemudi PUI ini adalah untuk kali pertama dilaksanakan di Kabupaten Garut dan akan dicatat sebagai sejarah perkembangan Organisasi PUI khususnya dibidang Kepemudaan. Bertempat di Fave hotel, Garut, acara dibuka langsung Wakil Bupati Garut dr. Helmi Budiman. Minggu (27/3/2022).

Dalam sambutannya ketua PUI Kabupaten Garut terpilih Iwan kurniawan mengatakan, Keharusan saling menghormati setiap perbedaan yang muncul. Jangan sampai muncul anggapan bahwa orang-orang yang berbeda pendapat dengan kita adalah musuh yang harus diwaspadai.

“Sikap seperti ini akan memicu terjadinya konflik, karena menunjukkan bahwa mereka telah kehilangan rasa persaudaraannya,” ujarnya.

Abu Bakar Ashshidiq dan Umar bin Khathab, kata Iwan, pernah beberapa kali berbeda pendapat. Namun keimanan mereka yang kuat menyebabkan mereka selalu mengedepankan jiwa persaudaraan mereka.

“Tidak pernah terjadi putusnya silaturrahmi di antara mereka. Bahkan yang muncul adalah semangat berkompetisi untuk memperbanyak amal shaleh,” kata Iwan.

Oleh karena, lanjutnya, sebagai umat Islam harus mempelajari Al Qur’an dan As Sunnah, memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan niat ikhlas karena Allah semata, kita berharap untuk diberi kemudahan beramal dengan amalan yang mendatangkan manfaat bagi terjalinnya persatuan dan kesatuan umat Islam,” tuturnya.

Selain itu di Musda III ini dilaksanakan penyampaian laporan pertanggung jawaban yang disampaikan oleh Plt. ketua PUI Garut Iwan Kurniawan, dan penyusunan program kerja serta pemilihan pimpinan PUI yang baru.

Adapun susunan PUI kabupaten Garut periode 2022-2027 antara lain: Ketua DPD, Iwan Kurnaiwan, SH., M.Pd; Dewan Pakar Daerah, KH. Ended Wahidin, Lc, MA; Dewan Syariah Daerah, KH. Asep Nurdin, S.Pd dan Dewan pertimbangan Daerah, Abah/Kyai Asep Sahid Ali, M.pd.I.

Pemudi PUI Garut Hadir Siap Berkolaborasi Membangun Garut

Dalam MUSDA III PUI dan Wanita PUI ini, Ketua Pemuda PUI Garut, Agus Nurjaman mengatakan Bahwa Sebelumnya Pemudi PUI Garut ini merupakan Pengembangan Organisasi dari Bidang Pemberdayaan Perempuan Pemuda PUI Garut.

“Kita melaksanakan Musda Pemudi PUI 1 ini merupakan suksesi salah satu Program Pemuda PUI Garut Tahun 2021-2024 yaitu menyiapakan dan membentuk PD Pemudi PUI Garut dan disahkan berdasarkan Surat Keputusan Pemuda PUI Garut Nomor : 003/Pemuda-PUI/Garut/KPTS/2022 Tanggal 2023 tentang Transformasi Bid. Pemberdayaan Perempuan Menjadi Pemudi PUI Garut,” katanya.

Sementara itu Ketua PW Pemudi PUI Jawa Barat, Yanti Rusmiati mengapresiasi atas terselengaranya Musda ke 1 Pemudi PUI Garut ini.

“Terimakasih kepada DPD PUI, Wanita PUI dan Pemudi PUI Garut yang telah memberi ruang dan kesempatan sehingga terlaksana musyawarah ini,” kata Yanti.

Yanti berharap kepada seluruh Pengurus Daerah Pemui PUI Kabupaten Garut, mempunyai kebesaran jiwa dalam menjalankan amanah untuk keberhasilan organisasi pemudi, serta bisa membangun hubungan kemitraan dengan organisasi-organisasi lainnya, baik organisasi kewanitaan maupun organisa masyarakat khususnya dikabupaten Garut , atau dengan semua potensi masyarakat yang ada.

Setelah melalui proses Persidangan dan Musyawarah, selanjutnya terpilihlah Syifa Nur Gania Maulani, S.Pd selaku Ketua Umum PD Pemudi PUI Kabupaten Garut.

Dalam orasinya, Syifa Menyampaikan  terimakasih  kepada semua rekan2 pemudi yang mengikuti dan memberikan amanah kepadanua pada musyawarah kali ini semoga ini menjadi awal bagi kita  untuk terus menjaga soliditas dalam rangka  berkiprah di PUI melalui Pemudi PUI Garut.

“Insyaallah rencana terdekat kita setelah Musda ini adalah melengkapi SDM dan Personalia untuk pemenuhan Struktur kepengurusan Pemudi PUI Garut, mari kita bersama sama untuk bekerja dan membesarkan PUI melalui Pemudi PUI Garut, dan kita Pemudi siap berkolaborasi dengan semua elemen bangsa untuk berkontribusi membangun kabupaten Garut yang kita cintai ini,” Syifa menutup.***

Red/K.101

Tinggalkan Balasan