Presiden Ingatkan Menkeu dan Mensos Realisasikan Semua Bansos Minggu Ini

KABARIKU – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Sosial Juliari P Batubara segera membagikan bantuan sosial untuk masyarakat.

Presiden menegaskan, semua bantuan sosial harus sudah teralisasikan pekan ini.

“Saya minta Mensos dan Menkeu minggu ini semuanya harus bisa jalan. Ini sudah sangat sangat mendesak,” kata Presiden dalam rapat terbatas bersama Laporan Tim Gugus Tugas Covid-19 melalui siaran telekonference di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (13/4/2020).

Ditegaskannya, kartu prakerja untuk para pekerja yang terkena PKH akibat Corona segera dibagikan, begitu juga kartu sembako.

“Semua harus terealisasi minggu ini. Masyarakat sudah sangat menunggu bantuan-bantuan tersebut,” jelasnya.

Jokowi mengatakan, masyarakat mengatakan bahwa pemerintah hanya omong saja, namun bantuannya belum ada juga.

Menurut catatan, bansos yang akan disalurkan adalah Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Prakerja, Kartu Sembako, Bantuan Langsung Tunai atau BLT, dan bantuan khusus bagi warga Jabodetabek.

Diberitakan sebelumnya, untuk program PKH, jumlah keluarga penerima dinaikan dari 9,2 juta menjadi 10 juta. Besaran manfaat PKH pun dinaikkan sebesar 25%.

Jumlah penerima Kartu Sembako (Bantuan Non Tunai Pangan) juga ditambah dari 12,5 juta menjadi 20 juta, demikian pula dengan besaran bantuan naik dari Rp 150 ribu menjadi Rp 200 ribu.

Khusus untuk masyarakat Jabodetabek, diberikan pula bansos sembako senilai Rp 600 ribu per.

Untuk Kartu Prakerja, jumlah penerima manfaat menjadi 5,6 juta orang. Setiap peserta memperoleh alokasi Rp 3,5 juta.

Khusu Pemerintah juga akan memberikan bansos tunai kepada 9 juta keluarga di luar Jabodetabek. (Baca: Baru 21 Jam Dibuka, Pendaftar Kartu Prakerja Capai 1,4 Juta Orang)

Kemudian ada pula bansos tunai sebesar Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan. Bantuan ini diberikan kepada warga tak menerima bansos lain dari pemerintah. (Ref)

Tinggalkan Balasan