Wapres Ma’ruf Amin: Pemerintah Telah Siapkan Subsidi Pulsa Internet untuk Siswa

KABARIKU – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan, pemerintah sudah menyiapkan skema subsidi untuk pulsa internet bagi siswa yang tidak mampu.

Ia menegaskan, skema itu sudah diputuskan dan tinggal pelaksanaan.

“Itu sudah diputuskan. Tinggal teknis pelaksanaan saja,” ujar Ma’ruf, Kamis (6/8/2020).

Wapres menyatakan hal itu dalam forum rapat konsultasi bersama Pimpinan DPD RI yang berlangsung secara virtual.

Dalam rapat tersebut, Ma’ruf Amin meminta semua bahan dan laporan dari DPD untuk disampaikan kepadanya.

“Ya, tolong disampaikan langsung semua aspirasi yang masuk. Akan kami perhatikan,” kata Ma’ruf.

Rapat konsultasi dihadiri tiga pimpinan DPD RI, yakni Ketua AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, Wakil Ketua Nono Sampono, dan Sultan Bakhtiar Najamudin. Sedangkan Mahyudin berhalangan hadir.

Pulsa internet memang menjadi salah satu kendala bagi siswa untuk melaksanakan pembelajaran di rumah. Karena tak semua orangtua bisa menyediakan pulsa bagi anaknya, banyak siswa yang tak bisa mengikuti pejaran di tengah situasi pandemi Covid-19 sekarang ini.

Selain kuota pulsa, pesawat HP Android juga menjadi kendala utama dalam pembelajaran di rumah. Bagi sebagian orang, HP android masih merupakan barang mewah yang sulit dimiliki akibat keterbatasan ekonomi.

Ketiadaan HP android sementara anak tetap harus mengikuti pelajaran, memicu terjadinya beberapa peristiwa mengharukan di tengah masyarakat. Di Garut, Jawa Barat, seorang ayah pekerja serabutan nekad mencuri HP tetangganya karena anaknya tak memiliki HP untuk melaksanakan pembelajaran di rumah. (Ref)

Leave a Reply