Porprov XIV Jabar 2022, Humas KONI Garut: Perlahan Tapi Pasti 10 Besar Bukan Mustahil

Garut, Kabariku Ketua KONI Kabupaten Garut, Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M. Eng., menyatakan, optimis karena ada trend baru di perhelatan Porprov XIV Jabar saat ini.

“Ada beberapa target capaian medali yang tidak sesuai harapan, khususnya pada Cabor unggulan yang selama ini berpotensi mendulang medali,” kata Syakur. Rabu (16/11/2022).

Syakur menyebut, Cabor yang tidak diunggulkan seperti bola volly dan badminton yang sebelumnya tidak pernah mrnghasilkan medali namun di Porprov  XIV Jabar 2022 saat ini bisa meraih medali.

“Kami juga harus memetakan strategi, dimana cabor yang bukan unggulan seperti nola volly dan badminton saat ini diikutsertakan dan strategi itu berhasil hingga bisa meraih dan mrnambah pundi pundi medali,” ungkapnya

Begitu juga dengan renang, ia melanjutkan, sudah menunjukan trend baru bisa bersaing kompetitif dengan daerah lain yang memiliki atlet nasional dan internasional.

“Banyak atlet renang usia muda belia yang memiliki potensi dan bisa bersaing ketat, nah ini yang harus dilakukan pembinaan kedepannya,  tentunya dengan dukungan fasilitas atau sarana prasarana memadai,” katanya.

Sementara itu, Humas KONI Garut Agus Barkah menyampaikan, Peringkat Kabupaten Garut di Porprov Jabar XIV secara perlahan tapi pasti, terus merangkak naik.

“Saat ini, peringkat Kabupaten Garut di posisi 12 dari urutan 16 sebelumnya. Kabupaten Garut sudah mengoleksi 9 emas, 5 perak, dan 13 perunggu,” kata Agus Barkah.

Lanjutnya, Perolehan medali di Porprov saat ini dinilai sebuah pencapaian yang cukup baik jika dibandingkan Porprov tahun 2018 di Kabupaten Bogor.

Ditengah segala keterbatasan khususnya minim anggaran, ungkap Agus Barkah, dan persaingan yang cukup kompetitif dengan daerah lain yang memiliki anggaran besar masing-masing cabornya.

“Kabupaten Garut tetap optimis dan terus berjuang memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Menurutnya, Peluang untuk mengoleksi medali masih terbuka lebar, ada beberapa cabor unggulan yang berpotensi bisa mencuri medali emas, diantaranya: renang indah, tarung drajat, gulat, arung jeram hingga pencak silat, dan mudah-mudahan bisa tembus 10 besar hingga target bisa tercapai.

Pagi ini, Kabupaten Garut meraih 3 Emas 1 Perak dari Tarung Drajat dan 1 Emas dari Cabor Sepeda, serta Terbang Layang 2 Emas, 2 Perak 3 Perunggu

“Total Pagi ini, 6 Emas 3 Perak, 3 Perunggu untuk Garut. Dengan capaian ini 10 Besar bukan mustahil,” tandasnya.

Perolehan Medali untuk Kabupaten Garut pada saat ini peringkat ke 12 dengan total 38 Medali; 11 Medali Emas, 8 Medali Perak, dan 19 Medali Perunggu.***

Red/K.101

Klasemen sementara perolehan Medali Porprov Jawa Barat XIV dapat diakses disini!

Leave a Reply