Berita  

Polres Garut Mengikuti Diskusi “Transformasi Persepakbolaan Indonesia Ditengah Dinamika Fanatisme Suporter” di Polda Jabar

Garut, Kabariku Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, S.I.K., M.Si. mengikuti kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Persepakbolaan Indonesia yang diselenggarakan dibawah kordinator Polda Jabar, diikuti peserta sekitar 250 orang.

Kegiatan Focus Group Discussuon (FGD) tersebut dilaksanakan pada hari Senin, 10 Oktober 2022 dimulai sekitar Pukul 09.15 WIB di Hotel Grand Pasundan Kota Bandung, dengan tema “Transformasi Persepakbolaan Indonesia Ditengah Dinamika Fanatisme Suporter”.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Suntana, M.Si; Kadispora Jabar Drs. Asep Sukamana; PJU Polda Jabar; Kapolrestabes Bandung Kombes Pol. H. Aswin Sipayung, S.I.K., M.H; PJU Polrestabes Bandung; Direktur PT. PBB, Teddy Tjahyono.

Acara juda dihadiri langsung oleh Para Kapolres dan Kasat Intelkam Polres jajaran Polda Jabar, serta Perwakilan Komunitas Bobotoh Persib Bandung (Viking, Bomber, The Bombs, Casual, Ultras, Front Line Distrik Viking).

Dalam sambutanya Kapolda Jabar, Irjen Suntana menyampaikan, Bahwa acara ini akan mencari format yang baku dalam mengelola kompetisi/pertandingn sepakbola khususnya di Jawa Barat.

“Kita tidak mencari siapa yang salah, semoga dikemudian hari kejadian tragedi di Malang tidak terjadi di tempat kita atau dimananpun, serta berterimakasih kepada suporter yang telah menerima apa yang diputuskan oleh manajemen Persib,” kata Irjen Suntana.

Acara Focus Group Discussuon (FGD) diisi dengan pembahasan materi, dengan narasumber Prof. Dr. Cecep Darmawan, Prof. Dr. Uman Suherman, Teddy Tjahyono dan Kombes Pol. Stephen Napiun (Karo Ops Polda Jabar), selanjutnya dilanjutkan sesi tanya jawab antara Bobotoh.

Kegiatan Focus Group Discussuon (FGD) ini menghasilkan sebuah Deklarasi bersama bagi Segenap Komponen Persepakbolaan di Jawa Barat.

Deklarasi tersebut sebagai berikut :

1. Siap menjungjung tinggi jiwa sportivitas dan kebersamaan dalam mendukung masing-masing tim kebanggaan;

2. Siap menjadi suporter yang baik, damai dan aman di Jawa Barat;

3. Siap terus menjaga silaturahmi dan sinergi antar/lintas suporter yang ada di Jawa Barat;

4. Siap menjaga keamanan bersama Polri, TNI di setiap pertandingan yang ada di Jawa Barat ;

5. Bersama kita kuat dan atas nama kemanusiaan bagi seluruh saudara-saudara, untuk transformasi persepakbolaan dengan tetap menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif.

Usai acara, Kapolres Garut, AKBP Wirdhanto menambahkan, Kegiatan ini dalam rangka membahas fanatisme suporter klub sepak bola Indonesia serta penananganan managemen Pertandingan Sepak Bola dilapangan.

“Sehingga dapat mengetahui sejauh mana fungsi kelembagaan tersebut bekerja yang dijadikan pedoman dalam pertandingan yang melibatkan masa dan banyak pihak,” ujarnya.

Rangkaian FGD Transformasi Persepakbolaan Indonesia Ditengah Dinamika Fanatisme Suporter berlangsung aman dan kondusif.***

Red/K.101

BACA juga berita menarik seputar Pemilu KLIK disini

Leave a Reply