Mahasiswa PKN STAN Office Tour di Gedung Merah Putih KPK Pahami Kerja Pemberantasan Korupsi

Jakarta, Kabariku Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima kunjungan mahasiswa Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akutansi Negara (PKN STAN) dalam kegiatan office tour di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (12/10/2022).

Dalam kegiatan ini, sebanyak 66 mahasiswa diajak berkeliling ke public space KPK seperti ruang konferensi pers, perpustakaan, studio, ruang pelayanan informasi publik, poliklinik, dan area olahraga.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat KPK Yuyuk Andriati Iskak menyampaikan apresiasi kepada para mahasiswa yang telah hadir di Gedung KPK dan ingin mengetahui kerja-kerja antikorupsi.

“Dengan slogan agent of change, mahasiswa merupakan generasi penerus yang akan mewujudkan cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia, kata Yuyuk.

Disisi lain, ujar Yuyuk, Bahwa kegiatan ini menjadi representasi Trisula Pemberantasan Korupsi yakni pendidikan dan peran serta masyarakat.

Dimana dalam upaya memberantas tindak pidana korupsi, KPK meyakini dukungan masyarakat luas bisa menjadi kekuatan besar dalam membangun budaya antikorupsi.

“Hal itu sejalan dengan visi KPK yaitu bersama masyarakat menurunkan tingkat korupsi untuk mewujudkan Indonesia maju,” kata Yuyuk.

Yuyuk menjelaskan, dalam kerja-kerja pemberantasan korupsi, KPK tidak hanya berfokus pada penindakan saja, sebagaimana yang masyarakat tahu.

Kini, melalui Trisula Pemberantasan Korupsi, KPK juga fokus dalam membangun pendidikan dan pencegahan.

Trisula ini, secara stimultan dan terintegrasi dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

“Oleh karenanya setiap perkara yang ditangani kita analisis dan ditindaklanjuti melalui Langkah-langkah pendidikan dan pencegahan supaya korupsi tidak terulang,” paparnya.

Dalam upaya membangun pendidikan antikorupsi, KPK memiliki beberapa program yang telah dijalankan, antara lain menginsersi kurikulum antikorupsi ke seluruh jejaring pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

KPK berharap, dukungan dan partisipasi publik bisa mensukseskan program tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasubid Visit KLP Fest PKN STAN Amalia Nur Umami menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan para mahasiswa di dunia kerja yang akan datang.

Dimana dengan berinteraksi bersama para pegawai KPK, mahasiswa bisa menambah pengetahuan dan pengalaman dalam kerja-kerja pemberantasan korupsi.

“Juga mengenal lebih jauh bagaimana lingkungan kerja di KPK dan tidak hanya mengenal teorinya saja tapi dapat mengenal lebih jauh dan mengetahui dunia kerja yang sesungguhnya seperti apa,” tutup Amalia.***

Red/K.101

BACA juga berita menarik seputar Pemilu KLIK disini

Leave a Reply