Indonesia akan Memenangkan Perang Melawan Pandemi COVID-19

KABARIKU – Pemerintah China yakin Indonesia akan memenangkan perang melawan pandemi COVID-19.

“Rakyat Indonesia adalah rakyat yang mulia, yang bekerja keras, ulet, dan bijaksana. Kami yakin bahwa di bawah kepemimpinan kuat Presiden Joko Widodo, rakyat Indonesia pasti akan segera memenangkan pertempuran melawan pandemi ini,” ungkap Duta Besar Xiao Qian, Jumat (10/4/2020).

Dubes Xiao Qian pun mengungkapkan, China telah menyiapkan bantuan kepada Indonesia untuk mengatasi pandemi ini. Bantuan tersebut tak hanya dari pemerintah China, melainkan perusahaan, organisasi, dan masyarakat China.

“Beberapa perusahaan China, seperti Bank of China, Tsingshan Holding Group, dan Shandong Weiqiao Group, telah menggalang bantuan berupa dana dan material penanganan wabah. Banyak perusahaan dan masyarakat China secara individual terlibat aktif penanganan Covid-19 di Indonesia,” ucap Dubes Xiao.

Di luar itu, menurut Dubes Xiao, bantuan antara sister city pun turut disalurkan, di antaranya Jakarta dengan Shanghai dan Provinsi Fujian dan Jawa Tengah.

Dikatakannya, total bantuan yang telah disiapkan sebesar USD 4,85 juta atau sekitar Rp 76 miliar. Selain itu China pun memberikan bantuan berupa informasi terkait penanganan pasien dan pengendalian COVID-19.

Dubes Xiao menambahkan, kerja sama kemanusiaan antara pemerintah China dengan Indonesia sudah terjalin sejak lama, di antaranya pada saat bencana tsunami 2004, gempa bumi Wenchuan 2008, dan gempa bumi Palu 2018.

Dubes Xiao juga mengutip peribahasa masyarakat China dan Indonesia yang memiliki makna hampir sama. Di masyarakat China ada peribahasa “nasib dan takdir kita saling terikat satu sama lain”, sementara di masyarakat Indonesia ada peribahasa “berat sama dijinjing, ringan sama dipikul”.

Ia berharap, usai pandemi Corona hubungan kedua negara bisa lebih erat. (Has)

Leave a Reply