Erick Tohir: Subsidi Gaji Rp 600 Ribu/Bulan Berpeluang Dilanjutkan Hingga 2021

KABARIKU – Kabar baik diungkapkan Menteri BUMN Erick Tohir yang juga Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN). Menurutnya, pemerintah akan melanjutkan program subsidi gaji Rp 600 ribu per bulan (Rp 2,4 juta untuk 4 bulan) sampai tahun 2021 dengan catatan, program subsidi gaji yang sekarang berjalan baik.

“Program ni diberikan kepada karyawan yang bergaj di bawah Rp juta per bulan. Para pengusaha ingin program ini sukses. Kalau program bagus dilanjutkan tapi hingga sekarang sampai Desember saja,” ujar Erick dalam konferensi pers secara virtual, Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Erick menyatakan, subsidi gaji tersebut akan dicairkan setiap dua bulan sekali dalam jangka waktu 4 bulan. Dengan demikian, setiap pekerja yang berhak, menerima Rp 1,2 juta setiap kali pencairan.

Dijelaskannya, untuk merealisasikan program ini, pemerintah menggelontorkan anggaran hingga Rp37,8 triliun. Sasarannya sebanyak 15,7 juta pekerja yang terdampak Covid-19 mendapat bantuan.

“Program subsidi gaji yg telah diluncurkan target 15,7 juta yang akan dibantu, nilainya sangat signifikan yakni Rp37,8 triliun, ini Penting sekali dalam mengawasi distribusinya,” kata Erick.

Untuk memperlancar dan mempercepat pendistribusian, menurut Erick, pihaknya menggandeng pengusaha melalui Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dan asosiasi pengusaha lain dalam mengawal distribusi bantuan ini.

“Tujuannya program ini, mendongkrak kapasitas daya beli masyarakat yang terimbas Covid-19,” paparnya. (Ref)

Leave a Reply