Tahun 2021, Penghasilan PNS Minimal Rp 9 Juta Per Bulan

  • Bagikan
Menpan RB Tjahjo Kumolo. (*)

KABARIKU – Kabar gembira bagi kalangan pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN). Tahun 2021 penghasilan mereka akan meningkat. Untuk pegawai dengan golongan paling rendah saja bisa mendapatkan penghasilan Rp 9 juta per bulan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menyatakan, kenaikan gaji bagi PNS/ASN ini karena pemerintah menaikkan tunjangan kinerja mereka.

“Untuk pegawai paling rendah, bisa bisa mendapatkan Rp 9 juta per bulan,” jelas Tjahjo Kumolo dalam Grand Launching Wakaf Uang ASN Kementerian Agama, Senin (28/12/2020).

Menpan RB berharap, dengan kenaikan penghasilan ini ASN bisa mewakafkan sebagian uangnya untuk kebaikan. Namun ia memahami perkara wakaf tidak bisa dipaksakan seperti sebelumnya.

“Oleh karena itu kita cari cara agar ASN bisa mewakafkan sebagian penghasilannya,” ujarnya.

Tekait kenaikan penghasilan ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Direktorat Kompensasi Aparatur Sipil Negara tengah melakukan pembahasan. Salah satu yang digodok, seperti disampaikan Plt Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama BKN, Paryono, pemerintah akan menghapus sejumlah tunjangan dan meleburnya ke dalam gaji dan dua jenis tunjangan saja.

Saat ini, ada beberapa tunjangan yang diterima PNS yaitu tunjangan suami istri, tunjangan anak, tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, tunjangan makan, tunjangan beras, hingga tunjangan kemahalan.

“Tunjangan-tunjangan tersebut akan dilebur ke dalam gaji dan hanya ada dua tunjangan saja yang diterima PNS,” paparnya. (Ref)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *