Pertemuan dengan Menteri BUMN, Bupati Garut Sampaikan Subsidi Pupuk Tidak Tepat Waktu dan Harga Semakin Mahal

  • Bagikan

Kabariku- Bupati Garut,H. Rudy Gunawan, S.H., M.H., MP., berkesempatan menemui Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia, Erick Thohir, B.A., M.B.A. , di Hotel El Royal Bandung. Kamis (18/11/2021).

Dalam pertemuan itu beberapa pembahasan disampaikan Bupati Rudy dan mendapat respon yang sangat positif dari Menteri Erick Thohir, salah satunya terkait pasokan gas subsidi dan penambahan agen gas untuk pesantren dan mempermudah pesantren mendapat jatah agen gas subsidi dan petrashop.

“Kita menyampaikan permintaan dukungan dari Menteri BUMN terkait penambahan pasokan gas subsidi dan penambahan agen gas subsidi untuk pesantren, dan pendirian pertashop,” kata Bupati.

Rudy menuturkan, salah satu produk dari BUMN yaitu PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM  Mekar, yang dinilai sangat membantu usaha mikro pemula yang ada di Kabupaten Garut. Ada sekitar 145 ribu nasabah PNM Mekaar di daerahnya dengan total modal sekitar 600 miliar rupiah.

“Saat ini ada 145 ribu nasabah Mekar, dengan total modal Rp 600 Milyar, dan ini kita minta ditingkatkan lagi,” tutur Rudy.

Rudy juga menyampaikan salah satu keluhan yang dialami, yakni terkait subsidi pupuk yang tidak tepat waktu dan harga pupuk yang semakin mahal.

Sementara itu, Menteri BUMN, Erick Thohir, mengungkapkan pihaknya akan mendukung pertashop dan agen gas oleh pesantren yang ada di Kabupaten Garut.

“Kita akan mempermudah pesantren dapat petrashop dan agen gas subsidi nya,” ujar Menteri Erick Tohir.

Selain itu, ia juga akan meningkatkan kredit Mekaar di Kabupaten Garut menjadi 250 ribu nasabah dengan modal 1 triliun.

Sementara untuk program lainnya, Kementerian BUMN akan menyalurkan program Makmur berupa pemberian pinjaman kepada para petani yang digunakan untuk membeli pupuk.

“Untuk permasalahan pupuk saat ini, Kementerian BUMN telah menyalurkan Program Makmur bagi pinjaman petani untuk membeli pupuk,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu pun, Bupati Garut mengundang Menteri BUMN RI untuk meresmikan Kereta Api Garut-Jakarta.***

Red/K.101
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *