Pemprov Kaji Pemindahan Ibu Kota Jabar, Tiga Lokasi Dipilih

  • Bagikan

KABARIKU – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mewacanakan pemindahan Ibu Kota Jawa Barat dari Bandung. Ada tiga lokasi yang pilih Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, yaitu Walini di Kabupaten Bandung Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta, Tegaluar di Kabupaten Bandung dan wilayah Rebana (Cirebon, Patimban, Majalengka).

Menurut Emil, Ibu Kota Jawa Barat perlu dipindah karena Kota Bandung sekarang ini sudah tak mendukung lagi sebagai pusat pemerintahan provinsi.

“Secara fisik Kota Bandung sama seperti Jakarta, sudah berat, sehingga kurang bisa lagi melayani pusat pemerintahan,” ungkapnya di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Kamis (29/8/2019).

Alasan lainnya, lanjut Emil, sekarang ini lokasi kantor satuan kerja perangkat daerah (SKPD) tak tersentralisasi sehingga menjadi hambatan dalam pengkordinasian.

Ia menyebut, pihak Pemprov Jabar akan melakukan kajian mengenai bakal lokasi pusat pemerintahan yang baru tersebut selama enam bulan.

“Enam bulan dilakukan kajian dari berbagai segi, resiko bencana, soal aksesibilitas, tingkat ekonomi dan ketersediaan air dan lain-lain,” ujarnya.

Tegalluar dan Walini dipilih sebagai bakal Ibu Kota Jabar karena merupakan wilayah pengembangan jalur kereta cepat Bandung-Jakarta. Sementara kawasan Rebana sekarang ini merupakan wilayah pengembangan ekonomi baru Jabar. (Ref)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *