Mobil Esemka dan Sekelumit Cerita tentang Mobil Dinas Wali Kota Surakarta

0 162

KABARIKU – Mobil Esemka karya asli putra-putri Indonesia akhirnya diluncurkan. Sebentar lagi, mobil yang diproduki di pabrik yang berlokasi Jl. Raya Sambi-Boyolali, Jawa Tengah tersebut, akan berseliweran di seluruh penjuru nusantara mendampingi mobil-mobil produksi luar negeri yang sudah lama eksis.

Peresmian peluncuran perdana mobil Esmeka akan langsung dilakukan Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019) hari ini.

Jokowi memang memiliki sejarah manis dengan mobil Esemka. Seperti diketahui, mobil Esemka berawal dari praktek kerja para siswa Jurusan Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Trucuk, Klaten, Jawa Tengah. Berkat bimibingan Sukiyat, pemilik bengkel yang dipakai praktek kerja para siswa, maka dari tangan-tangan remaja siswa SMK tersebut lahirlah mobil Esemka.

Melihat karya anak bangsa yang dari sisi model dan kualitas tak kalah dengan karya luar negeri, Jokowi dan Hadi Rudyatmo yang saat itu menjadi Wali Kota dan Wakil Walikota Surakarta, membelinya. Bahkan, pasangan ini menjadikan mobil Esemka sebagai mobil dinasnya.

Apa dikata, meski melihat bahwa mobil Esemka merupakan karya yang hebat, Jokowi dan Hadi Rudyatmo harus taat hukum. Dua hari setelah menggunakannya, pasangan ini terpaksa menyimpan mobil tersebut di garasi, sebab kelengkapan surat-surat mobil belum ada.

Sekarang mobil Esemka yang diluncurkan diproduksi oleh perusahaan PT Solo Manufaktur Kreasi di bawah komando Eddy Wirajaya, sebagai Presiden Direktur Esemka. Tipe pertama yang akan diluncurkan berupa pick-up Bima 1.2 dan Bima 1.3 dengan bahan bakar bensin.

Kenapa pick-up? Jenis kendaraan niaga memang akan menjadi foku perhatian produsen mobil Esemka. Tujuannya, menggerakan perekonomian daerah pinggiran di Indonesia. (Ref)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.