Aktivis ProDEM Agustiana Inisiasi Rumah Isolasi Mandiri Covid-19 bagi Aktivis

Sekjen Serikat Petani Pasundan Agustiana. (*)

KABARIKU – Pendiri Serikat Petani Pasundan (SPP) dan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM), Agustiana menyiapkan Rumah Isolasi Mandiri untuk Aktivis Pro Rakyat dan Demokrasi yang mudik atau pulang kampung ke Tasikmalaya, Garut dan Ciamis.

Isolasi Mandiri sesuai protokol kesehatan yang disampaikan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Ini inisiatif dan keperdulian dalam menghadapi pandemi Covid-19 secara swadaya tanpa harus ketergantungan kepada pemerintah. Pendemi ini masalah bersama,” kata Agustiana, Jumat (8/5/2020).

Agustiana berharap hal ini juga diikuti oleh para aktivis lain yang saat ini berada di lingkaran kekuasaan atau istana.

“Komitmen dan terhadap rakyat dan humanisme jangan berubah karena posisi politik, justru harus saling memperkuat dan membangun. Jangan sampai sesama aktivis pejuang rakyat saling sendiri-sendiri dan melupakan. Tak boleh ada yang terlunta-lunta dalam situasi seperti ini,” paparnya.

Agustiana mengkritik beberapa aktivis yang berubah tidak hanya cara pandangnya terhadap demokrasi dan perjuangan rakyat, tetapi juga sikapnya dengan sesama kawan seperjuangan setelah berada pada lingkaran kekuasaan.

“Saat sekarang bekerja bersama,” tuturnya.

Dilihat dari kondisi bangunannya, Rumah Isolasi Mandiri yang disediakan Agustiana di Garut, Tasikmaaya dan Ciamis tampak lebih dari layak.
Bangunannya permanen dengan banyak kamar dan halaman luas.

“Kondisi air pun untuk MCK pun terjamin. Jadi kepada para aktivis yang baru mudik dan memerlukan tempat untuk isolasi mandiri, silakan datang ke pengurus SPP di masing-masing kabupaten,” ujar Agustiana.

Hanya saja Agustiana berpesan agar para aktivis membawa makanan sendiri-sendiri untuk kebutuhan selama masa isolasi.

“Rumah Isolasi Mandiri disediakan murni karena niat tulus kami untuk berbagai dengan sesama aktivis yang membuthkan tempat untuk isolasi mandiri, tak ada bantuan dari pihak mana pun, apalagi dari lingkaran kekuasaan. Jadi harap maklum, jika kami tak bisa menyediakan makanan untuk kebutuhan selama masa isolasi,” jelasnya.

Rumah Isolasi Mandiri di Ciamis.
Rumah Isolasi Mandiri di Garut.
Rumah Isolasi Mandiri di Tasikmalaya.

Banyak tanggapan positif dari berbagai kalangan terhadap Rumah Isolasi Mandiri yang disediakan Agustiana. Sebagaimana komentar di laman facebook Agustiana dan facebook Hasanuddin, Aktifis Pro Demokrasi, yang memposting Rumah Isolasi Mandiri dengan Tagline Rumah Isolasi Mandiri Aktifis.

“Luar biasa Bang Hasanuddin Ang Agustiana menyiapkan untuk isolasi di tiap Kabupaten Kota di Priatim…” tulis Encep Najmudin di facebook Hasanuddin.

“Mantapp barokah kangge sadayana, mudah2an sarehat sadaya..amin,” tulis Yosep Nurhidayat.

“Keren,” tulis Asep Turo.

Sementara Hasanuddin, seperti juga Agustiana mengingatkan para aktivis.

“Jangan sampai pendapat, teori kritis terjadi, upaya emansipasi pada akhirnya berujung pada kesia-siaan sebab setelahnya perubahan politik terjadi, malah para pengkritik mengikuti jalan dan perilaku kekuasaan yang ia kritik terdahulu; anti sosial, anti rakyat dan demokrasi,” katanya. (Den)

Leave a Reply