Panwascam dan PKD Kecamatan Pamulihan Ikuti Launching Pojok Pengawasan se-Provinsi Jawa Barat

Garut, Kabariku- Unsur Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-kecamatan Pamulihan Kabupaten Garut, Jawa Barat mengikuti acara Launching Pojok Pengawasan se-Provinsi Jawa Barat yang digelar pada hari Kamis (04/07/2024) pada Pukul 10:00 WIB.

Pojok Pengawasan adalah sarana Pendidikan Politik bagi masyarakat untuk meningkatkan pengawasan  partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024.

Pengawasan partisipatif merupakan bagian dari manifestasi kedaulatan rakyat dalam penguatan partisipsi masyrakat dalam mengawal demokrasi.

Dengan tujuan setiap tahapan pemilihan yang sedang berjalan, ada ruang partisipsi politik Masyarakat, kepedilian Masyarakat, agar proses pemilu berjalan secara jujur dan adil, sehingga menjadikan pemilihan yang berkualitas.

Ketua Panwaslucam Pamulihan, Idan berharap Pojok Pengawasan yang berada di lingkungan kerja Panwaslu Kecamatan Pamulihan dapat berjalan maksimal dan dapat diambil manfaat.

“Kami memiliki Progam unggulan  NGOPI (Ngobrol Pemilihan) terhadap masyarakat, Tokoh Masyarakat, OKP dan Pemilih Pemula,” ucapnya disela kegiatan.

Sementara itu, anggota Panwaslu Kecamatan Pamulihan Divisi HP2HM, Revan Teguh Permadi menambahkan, dengan adanya Pojok Pengawasan ini, masyarakat dapat berbagi informasi dan juga berdiskusi terkait kepemiluan.

“Dengan adanya Pojok Pengawasan ini harapannya masyarakat mendapat informasi terkait hal-hal kepemiluan dan Pelaksanaan Pilkada tahun 2024 berjalan dengan baik sukses tanpa Exses,” kata dia.

Anggota Panwaslu Kecamatan Pamulihan Divisi PP-PS, Agung Saripudin menambahkan, adanya Pojok Pengawasan ini diharapkan semua elemen masyarakat dapat memahami regulasi yang berlaku pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota, Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024.

“Dan tentunya masyarakat ikut serta berperan aktif dalam pengawasan khususnya diwilayah kecamatan pamulihan, untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang berpotensi pelanggaran. Mengingat tensi politik di Pilkada lebih rentan terjadi pelanggaran dari pada Pemilu di tahun 2023,” terangnya.

Untuk diketahui, Panwaslu kecamatan Pamulihan memiliki program unggulan sosialisasi yaitu Ngopi yakni Ngobrol Pemilihan dengan cara menyediakan ruang Pendidikan politik sebagai sarana Masyarakat yang dapat dimanfaatkan oleh Masyarakat.***

Red/K.101

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan