Ketua KONI Garut Jelaskan Pelaksanaan dan Target Porprov Jabar 2022

Garut, Kabariku- Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Garut, Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M Eng,  didapingi pengurus menjelaskan terkait pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat (Porprov Jabar) yang dilaksanakan pada November 2022, mendatang.

Abdusy Syakur menyampaikan rasa optimisnya dengan target pencapaian 36 dari 41 Cabor yang dipertandingkan dalam Porprov Jabar nanti.

“Kami optimis dengan target 36 dari 41 Cabor, Garut akan memberangkatkan sekitar 700 orang kontingen untuk bertanding di pekan olahraga provinsi jawabarat nanti,” kata H. Abdusy Syakur Amin di ruang kerjanya Universitas Garut. Senin (19/9/2022) sore.

Ketua KONI menjelaskan, Kabupaten Garut akan menjadi tuan rumah untuk 8 Cabor pada Porprov 2022.

Insya Allah Kabupaten Garut akan menjadi tuan rumah untuk 8 Cabor dalam Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat yang akan di gelar pada bulan November 2022,” jelasnya.

Disebutkan, Kabupaten Garut akan menjadi tuan rumah untuk cabor: Arum Jeram, Basket, Futsal, Sepak Takrow, Rugby dan Renang yang terbagi 3 sub-cabor (Renang Indah, Renang Selam, Renang Kolam).

Insya Allah ke 8 Cabor tersebut sudah di cek oleh KONI Provinsi dan dinyatakan sudah memenuhi syarat,” ujarnya.

Dirinya menyebut, optimis meraih 36 Emas karena dengan ditunjuk menjadi tuan rumah, maka akan banyak keuntungan dan manfaat yang didapatkan.

“Banyaknya suporter yang membuat para atlet bersemangat untuk memenangkan pertandingan dan banyak lagi manfaat yang bisa diambil sehubungan dengan Garut menjadi tuan rumah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Abdusy Syakur mengatakan, cabor Arum Jeram akan dilaksanakan di Dangder Banyuresmi, Basket di SOR Ciateul, untuk Indor-nya lapang basket UNIGA.

Sementara untuk Futsal di SOR Ciateul, Rugby di lapang Kerkof dan Sepak Takrow serta Renang akan di pusatkan di SOR Ciateul.

Selain membahas Poprov, pihaknya menjawab terkait tranparansi anggaran yang diterima oleh KONI Garut.

“Perlu kami luruskan, bukan tidak transparan tapi belum waktunya, nanti pada saatnya akan ada pelaporan pertanggungjawaban untuk tiap tahun anggaran akan saya disampaikan secara jelas, transparan dan akuntabel, tuturnya.

Ia pun menegaskan, laporan tersebut juga akan disertakan siapa saja yang menerima bantuan.

“Untuk para atlit, pelatih dan wasit, semuanya akan saya laporkan, per Cabor mana saja yang sudah menggunakan anggaran tersebut,” terangnya.

Hal lain yang diklrifikasi berkenaan dengan bantuan hibah yang di terima oleh KONI Garut.

“Perlu kami luruskan besaran anggaran Hibah yang KONI terima itu sebesar 3,5 M untuk tahun 2022 dan itu sudah kami gunakan dan kami berikan kepada masing-masing Cabor yang telah mengajukan anggaran kegiatan,” jelasnya.

“Jadi darimana dasarnya KONI Garut menerima 4,1 M,” imbuhnya.

Diakhir perbincangan Ketua KONI Garut mengungkapkan rasa kebanggaannya bahwa GOR untuk Renang telah dilihat, telah disurvey langsung oleh team Ahli dari Spanyol, dimana GOR Kolam Renang tersebut menjadi terbaik ke 4 di tingkat Nasional.

“Mudah-mudahan dengan adanya kolam renang yang representatif ini bisa menambah medali emas dan menghasilkan bibit atlet-atlet renang yang berprestasi di tingkat Provinsi dan Nasional untuk jangka waktu 5-10 tahun kedepan,” Ketua KONI Garut menutup.***

Red/K.101

BACA berita menarik seputar Pemilu KLIK disini

Leave a Reply