Hari Ini Selasa (22/9) HUT Lalu Lintas Polri ke-64

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono. (*)

KABARIKU – Hari ini Selasa (22/9/2020) merupakan HUT Lalu Lintas Polri yang ke-64. Berbagai acara digelar, di antaranya launching uji coba Smart SIM untuk lingkungan terbatas di lingkungan Polri.

Launching digelar pada Minggu (22/9/2020) di Gedung Basket Indoor Senayan Gelora Bung Karno, Jakarta dari pukul 08.00 WIB. Tema yang diusung adalah “Dengan Semangat Promoter, Korlantas Polri Mengoptimalkan Pelayanan Lalu Lintas Berbasis IT Guna Mendukung Program Road Safety.”

Kelebihan Smart SIM dibanding SIM konvensional, di antaranya SIM ini berfungsi juga sebagai penyimpan data diri pemegang SIM, data historikal pelanggaran lalu lintas, dan sekaligus berfungsi juga sebagai ATM atau uang elektronik.

Sebagai uang elektronik, untuk sementara Smart SIM bekerjasama dengan BNI atau TapCash BNI.

“Selamat dan sukses HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-64. Sukses untuk Korlantas Polri yang terus melakukan inovasi digital guna meningkatkan layanan lalu lintas bagi masyarakat, sehingga tercapai Road Safety bagi pengguna lalu lintas,” ujar Direktur Hubungan Lembaga BNI Susi Adi Sulistyowati yang hadir langsung pada acara HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-64 di GBK, Jakarta tersebut.

Susi Adi menambahkan, dengan Smart SIM, ke depan SIM tidak hanya berfungsi sebagai surat izin berkendara saja, namun juga berfungsi untuk menyimpan data pemilik SIM, data histori pelanggaran lalu lintas pemegang SIM, dan sebagai uang elektronik yang dapat digunakan untuk pembayaran denda pelanggaran tilang, pembayaran TOL, pembayaran KA Commuter Line, pembayaran Bus Transjakarta, pembayaran parkir dan lain-lain fungsi uang elektronik.

Dalam acara tersebut, Korlantas Polri juga memberikan penghargaan kepada 28 anggota Polri yang berprestasi di bidang lalu lintas, serta penghargaan kepada 11 eks Kepala Korps Lalu Lintas Polri atas pengabdian yang telah dilakukan di bidang lalu lintas.

“Korlantas Polri sebagai abdi masyarakat dalam pelayanan lalu lintas akan terus berusaha meningkatkan layanan yang lebih baik bagi masyarakat pengguna lalu lintas,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono.

Ditambahkannya, sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman di era revolusi industri 4.0, maka Korlantas Polri terus melakukan inovasi-inovasi guna meningkatkan layanan masyarakat di bidang lalu lintas.

“Sehingga diharapkan dapat terus meningkatkan Road Safety bagi kalangan masyarakat luas pengguna lalu lintas,” paparnya.

Sekedar untuk diketahui, Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) adalah sebuah unsur pelaksana utama Kepolisian Negara Republik Indonesia pada tingkat Markas Besar dipimpin oleh Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas Polri) yang bertanggung jawab di bawah Kapolri.

Korlantas sudah eksis sejak zaman penjajahan Belanda dengan nama VoerWesen. Pada tanggal 15 Mei 1915 Voer Wesen diperbaharui menjadi Verkeespolitie, yang artinya Polisi Lalu Lintas dalam bahasa asli Belanda.

Ketika Indonesia merdeka, eksistensi Korlantas dipertegas pada tanggal 22 September 1955. Kepala Jawatan Kepolisian Negara mengeluarkan Order No 20 / XVI / 1955 tanggal 22 September 1955, tentang Pembentukan Seksi Lalu Lintas Jalan, di bawah Kepala Kepolisian Negara. Tanggal 22 September inilah yang menjadi acuan dari ulang tahun Korlantas yang dirayakan hari ini.

Berikut nama-nama Kakorlantas

Brigadir Jenderal Polisi Ursinus Elias Medellu (1965-1972)
Brigadir Jenderal Polisi Djoko Susilo (2008-2010)
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Sunting
Inspektur Jenderal Polisi Djoko Susilo (2010-2012)
Inspektur Jenderal Polisi Pudji Hartanto Iskandar (2012-2014)
Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono (2014-2016)
Inspektur Jenderal Polisi Agung Budi Maryoto (2016-2016)
Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa (2016-2018)
Inspektur Jenderal Polisi Refdi Andri (2018-2019)
Inspektur Jenderal Polisi Istiono (2019–sekarang). (Has)

Leave a Reply