RA Lasminingrat Kartininya Urang Garut

RADEN Ayu Lasminingrat (1843-1948) adalah putri sulung pasangan Raden Haji Muhamad Musa dengan Raden Ayu Ria, yang membuka mata pendidikan anak bangsa dengan mendirikan Sakola Kautamaan Istri (1907) di lingkungan Ruang Gamelan, Pendopo Garut , Selain itu, Lasminingrat rajin membuat tulisan. Di antarakaryanya yang terkenal adalah Warnasari jilid 1 dan 2

Materi pembelajaran berupa membaca, menulis, Bahasa Belanda,Lasminingrat pun mendidik anak-anak melalui buku bacaan berbahasa sunda, pendidikan moral, agama, ilmu alam, psikologi dan sosiologi. Dia sisipkan dalam cerita yang disadur dari bahasa asing yang disesuaikan dengan kultur sunda dan bahasa yg mudah dimengerti (1878)

Lasminingrat menikah dengan Raden Adipati Aria Wiratanudatar VII, yang merupakan Bupati Garut. Dan menghentikan aktivitas kepengarangannya. Ia lalu berkonsentrasi di bidang pendidikan bagi kaum perempuan Sunda. Selanjutnya tahun 1911 mendirikan Sekolah di Pendopo selanjutnya sekolah tersebut pindah ke Jalan Ranggalawe, mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hindia Belanda pada 1913 melalui akta nomor 12 tertanggal 12 Februari 1913, Tahun 1950, berubah menjadi SDN Ranggalawe I dan IV yang dikelola Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Garut. Tahun 1990-an hingga kini berubah lagi menjadi SDN Regol VII dan X.

Tahun 1912, Lasminingrat mendirikan kembali Sakola Istri untuk kaum perempuan dimana letak dan bangunannya sekarang dipakai SMA Negeri 11 Garut, sebelah timur alun-alun

Lasminingrat meninggal 10 April 1947 dalam usia 105 tahun, dikebumikan tepat di belakang Mesjid Agung Garut. Selakyaknya beliau dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional seperti juga RA Kartini (disadur oleh Johendi Asgar)

Ditandai

Redaksi Kabariku.com

Kabariku.com diterbitkan di penghujung Tahun 2017, tepatnya pada Hari Jumat 1 Desember 2017 (12 Rabiul Awal) oleh PT. Media Malka Shazia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close