Presiden Jokowi Resmikan RS Modular Jenderal TNI LB Moerdani di Merauke

  • Bagikan

Kabariku- Presiden RI, Ir. H Joko Widodo (Jokowi) meresmikan RS Modular Jenderal TNI LB Moerdani di Distrik Margamulya, Kabupaten Merauke, Papua.

Presiden Jokowi menyampaikan, RS Modular Jenderal TNI LB Moerdani siap dimanfaatkan masyarakat utamanya di wilayah Merauke. Rumah sakit ini mulanya diperuntukkan khusus untuk menangani Covid-19 di Papua.

Namun karena kasus Covid sudah mulai melandai, akhirnya rumah sakit ini dimanfaatkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Usai gelaran PON, rumah sakit ini bisa digunakan oleh masyarakat umum.

“Di masa pandemi seperti sekarang ini fasilitas kesehatan di semua negara sangat dibutuhkan terutama di daerah-daerah yang sulit terjangkau agar masyarakat terlayani ketika menghadapi masalah kesehatan,” ucapnya.

“Ini nanti juga bisa dimanfaatkan pasca-PON untuk melayani seluruh masyarakat yang ada,” tambahnya.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat meresmikan Rumah Sakit Modular Jenderal TNI L.B. Moerdani di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua pada Minggu, (3/10/2021).

RS LB Moerdani dibangun dalam waktu yang sangat singkat. “Rumah sakit ini dibangun sangat cepat sekali kurang lebih 20-an hari,” ujar Jokowi.

Presiden menambahkan, rumah sakit LB Moerdani memiliki fasilitas sangat lengkap mulai dari ruang rawat inap isolasi, karatina, laboratorium, instalasi gawat darurat (IGD), radiologi, farmasi, dan sebagainya.

“Saya lihat RS ini punya fasilitas yang lengkap ada ruang rawat inap isolasi, karantina, laboratorium, IGD, OK, radiologi, dan farmasi yang sangat dibutuhkan untuk membantu penanganan masyarakat yang sakit dengan pelayanan kesehatan yang cepat, mudah, dan terjangkau,” tuturnya.

Rumah Sakit Modular Jenderal TNI L.B Moerdani dibangun dengan kapasitas tempat tidur pasien sebanyak 111 tempat tidur. Rumah sakit ini juga dilengkapi sejumlah fasilitas yang dibutuhkan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Saya melihat rumah sakit ini memiliki fasilitas yang lengkap, ada ruang rawat inap isolasi, karantina, laboratorium, IGD, OK (kamar operasi), dan radiologi, juga farmasi yang sangat dibutuhkan untuk membantu penanganan-penanganan masyarakat yang sakit dengan pelayanan kesehatan yang cepat, mudah, dan terjangkau,” lanjut Presiden.

“Saya berpesan agar rumah sakit ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk melayani seluruh masyarakat dengan pelayanan yang cepat dan nyaman,” pungkas Presiden.

Turut hadir dalam peresmian tersebut; Ketua DPR RI Dr. Puan Maharani, S.Sos., Menteri Pertahanan H. Prabowo Subianto, Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia SE., Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Bupati Merauke Drs. Romanus Mbaraka, MT. ***

*Siaran Pers BPMI Setpres

Red/K.101
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *